Selama Lebaran, Layanan Data Meningkat 49%

Menkominfo Johnny G. Plate bersama pejabat pimpinan tinggi madya dalam Halal bihalal Lebaran Digital Keren yang berlangsung tatap muka terbatas dan virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (17/05/2021). Sumber Foto: kominfo.go.id

 

Selama libur akhir pekan Hari Raya Idul Fitri 1442 H, terjadi kenaikan traffic telekomunikasi sebesar 49% dibandingkan tahun sebelumnya.

“Ada lonjakan trafik layanan data terjadi lonjakan trafik layanan data sampai dengan 39,7 petabyte atau tumbuh hampir 49% lebih besar dibandingkan Lebaran tahun lalu. Ini tentu semakin sadarnya masyarakat di mana pemanfaatan ruang digital menjadi pilihan yang utama ya kita bersilaturahmi,” ungkap Menteri Komunikasi dan Informatika Johnny G. Plate, dalam Halal bihalal Lebaran Digital Keren yang berlangsung tatap muka terbatas dan virtual dari Kantor Kementerian Kominfo, Jakarta, Senin (17/05/2021).

Menteri Johnny mengapresiasi semua ekosistem baik operator seluler penyelenggara teknologi digital dan lembaga lain. Menurutnya, selama masa libur hari raya Idul Fitri silaturahmi masyarakat dapat terus terjalin dan terjaga melalui pemanfaatan teknologi digital.

Meski demikian, Menkominfo mengakui adanya kendala gangguan layanan telekomunikasi data di kawasan Papua.

“Kecuali yang terjadi di Papua, karena putusnya kabel bawah laut di utara Jayapura dalam di kedalaman lebih dari 4.000 meter yang saat ini sedang dilakukan pemulihan transmisi data dari Indonesia Barat menuju Indonesia Timur demikian sebaliknya,” tuturnya.

Menkominfo menambahkan, selama ramadan di masa pandemi Covid 19, masyarakat telah bermigrasi ke ruang digital. Menurutnya,  menjadi tugas Kementerian Kominfo untuk  untuk memastikan layanan yang prima terhadap masyarakat agar sukses menjalani transformasi ke dunia digital.

Editor: Mus