People Innovation Excellence

7 Manfaat Bernyanyi bagi Kesehatan, salah satunya untuk tingkatkan kekebalan tubuh

Sumber Foto> dw.com

Bernyanyi ternyata banyak manfaatnya untuk Kesehatan. Salah satunya untuk meningkatkan kekebalan tubuh.

Prof. Maike de Wit, ahli onkologi di Vivantes Klinikum mengungkapkan , bernyanyi bagus untuk semua pasien, terutama pasien yang menghadapi masalah bernapas.

” Jika orang bernyanyi, orang harus menarik napas dalam-dalam. Orang harus menghembuskan napas secara perlahan, dan mengontrol pernapasan dengan baik,” jelas Prof Maike.

Selain untuk pasien yang menghadapi masalah pernafasan, ternyata benyanyi juga mempunyai manfaat lain bagi Kesehatan kita. Berikut 7 manfaat bernyanyi bagi Kesehatan.

Pertama, bernyanyi memicu hormon endorfin dan oksitosin. Endorfin adalah hormon yang meningkatkan perasan eforia dan kesenangan. Oksitosin juga dikenal sebagai “hormon cinta” karena menimbulkan rasa nyaman, gairah dan empati pada pasangan. Hormon ini diketahui bisa mengurangi stres dan rasa cemas. Kedua hormon ini membuat anda mersa lebih baik dan mengurangi rasa sakit yang tengah Anda rasakan.

Kedua, memperbaiki Paru-paru dan Postur Tubuh. Saat bernyanyi, knda secara otomatis duduk atau berdiri lebih tegak. Bernyanyi juga memperbaiki kapasitas paru-paru dan membantu knda bernapas dengan lebih mudah.

Ketiga, membantu menurunkan tekanan darah tinggi. Ada beberapa kasus yang menunjukkan bahwa bernyanyi bisa menurunkan tekanan darah tinggi berkat efeknya yang menenangkan. Pasien bisa menenangkan diri mereka sendiri dan mengurangi tekanan darah saat berada di rumah sakit dengan cara menyanyikan lagu-lagu pujian religi.

Keempat membantu pasien Parkinson. Beberapa studi menunjukkan, bernyanyi memperbaiki kualitas kesehatan pasien Parkinson. Bagi mereka, bernyanyi memperbaiki vokal dan pengendalian saat menelan. Bahkan ada studi lain yang mengatakan, musik membantu pasien memperoleh kembali keseimbangan .

Kelima, memperbaiki kemampuan kognitif. Beberapa penelitian menyimpulkan penyanyi dan musisi biasanya memiliki IQ lebih tinggi dibanding mereka yang tidak berhubungan dengan musik. Bernyanyi bisa meningkatkan fungsi otak secara keseluruhan dan membantu Anda berpikir secara lebih jernih.

Keenam, meningkatkan kekebalan tubuh. Karena bernyanyi bisa mengurangi tekanan darah tinggi, level kortisol kita juga menurun, begitu juga stres dan rasa cemas. Efek positifnya tercermin pada peningkatan sistem kekebalan tubuh kita.

Ketujuh, membuat panjang Umur. Hasil studi peneliti Universitas Yale dan Harvard menunjukkan, warga New Haven, Connecticut, di AS yang bernyanyi dalam koor memiliki kondisi jantung yang lebih sehat dan dengan demikian juga turut meningkatkan harapan hidupnya.

Editor. Mus.

Diolah dari dw.com dan  berbagai sumber


Published at :
Leave Your Footprint

    Social Media

    Tweets By @BinusTV

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close