Virtual Lab BINUS TV Bersama SMKN 1 Bangil

Communication Departement BINUS University memperkenalkan virtual Lab Studio Binus TV kepada SMKN 1 Bangil dalam acara Pelatihan Digital Broadcasting menghadapi industri 4.0 via Online Zoom.

Acara ini merupakan program Pengenalan Kegiatan Broadcasting yang diinisiasi oleh Mass Communication untuk siswa siswi SMK yang memiliki jurusan Broadcasting atau Penyiaran Televisi dan Program TV di sekolah mereka.

”Hari ini kita mengenalkan kegiatan teman-teman Binus TV pada saat mereka menjalani produksi dan melakukan kegiatan produksi program secara rutin beserta peran masing-masing kru produksi dengan mengenalkan fasilitas penyiaran di Binus University yaitu Studio Binus TV” ujar Riana Jogi selaku Lab Cordinator broadcasting di Binus TV Alam Sutra.

Dalam sesi virtual lab di pelatihan Digital Broadcasting ini Riana Jogi menjelaskan bahwa Binus TV memiliki 2 studio yang bertempat di Kemanggisan dan Alam Sutera dengan bentuk yang berbeda namun memiliki fungsi yang sama. Virtual Lab yang dilakukan melalui Zoom [22/4] lebih menjelaskan ruangan dan studio Binus TV yang berada di Binus Kemanggisan.

Studio Binus TV memiliki beberapa ruangan dengan fungsi berbeda. Dimulai dari pintu masuk yang ditempati oleh Sekretariat Binus TV.
Terdapat Make Up Room yang digunakan Make Up artist untuk mempersiapkan penampilan presenter dan juga talent atau narasumber dalam setiap produksi di Studio Binus TV.

Dilanjutkan Waiting Room, Production Room, News Room, Technical Room dan Editing dan Maintenance Room. Keseluruhan ruangan ini juga sekaligus menjelaskan mengenai tugas dan pekerjaan setiap kru Binus TV.Penjelasan Studio TV merupakan ruangan yang paling menarik karena seluruh program yang dihasilkan diproduksi di ruangan ini. Secara umum, Studio TV Binus TV ini digunakan untuk program News, Entertainment, Feature dan juga menjadi sarana Lab Praktikum untuk mahasiswa Broadcasting dalam kegiatan pembelajaran mereka.

Salah satu program favorite di Binus TV seperti Sore Sore Seru, How To dan Jurnal 19 terlihat dalam tampilan visual Virtual Lab ini.

Setelah selesai menjelaskan tugas dan pekerjaan seorang tim kreatif, production assistant dan Floor Director, virtual tour ini dilanjutkan ke Ruang Kontrol / Control Room dimana terdapat peralatan yang menunjang produksi seperti audio mixer, Video Mixer, Switcher dan komputer TelePrompTer, dalam Virtual Lab ini juga terdapat penjelasan seorang Program Director atau pengarah acara yang bertugas mengarahkan proses shooting program termasuk mengatur semua crew yang berperan di dalamnya. Menyesuaikan tata letak, tata kamera, pencahayaan dengan menyesesuaikannya dengan rundown.

”Binus TV mempunyai standart televisi nasional pada umumnya, kita adalah tv streaming dan mencakup tidak hanya tentang Binus tetapi mencakup banyak hal diluar juga yang dikerjakan oleh mahasiswa Binus sendiri” ungkap Riana Jogi.

Virtual Lab ini diakhiri dengan pertanyaan-pertanyaan antusias dari siswa siswi SMKN 1 Bangil yang penasaran mengenai produksi dan alur dalam kegiatan Broadcasting. Diharapkan dari kegiatan ini dapat meningkatkan semangat dan minat siswa siswi SMK untuk dapat melanjutkan Pendidikan mereka sesuai dengan jalur yang dijalankan dan bisa bertemu di Binus University kedepannya.