People Innovation Excellence

FDA, CDC Cabut Penghentian Sementara Vaksin Johnson & Johnson

Sumber Foto: VOA Indonesia

Pemberian vaksin COVID-19 Johnson & Johnson di Amerika kembali dilanjutkan setelah Komite Imunisasi Pusat Pengendalian Penyakit (CDC) dan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) dalam pertemuannya pada Jumat (23/4/21) waktu Amerika atau Sabtu waktu Indonesia, mencabut “penghentian sementara”

Penghentian sementara pemberian vaksin itu diterapkan secara luas minggu lalu setelah ditemukannya enam kasus pembekuan darah langka dan parah di AS pada orang yang telah mendapat suntikan vaksin itu.

Pada 13 April lalu, CDC seperti dikutip VOA Indonesia, dalam pernyataan bersama dengan Badan Pengawas Obat dan Makanan AS, merekomendasikan jeda penggunaan vaksin, “sebagai tindakan ekstra hati-hati”. Tujuannya untuk memberi para ahli kesempatan memeriksa kasus pembekuan darah serta melihat kalau ada kasus tambahan yang ditemukan.

Enam kasus pembekuan darah yang sebelumnya teridentifikasi – dari tujuh juta dosis vaksin yang diberikan – terjadi pada perempuan berusia antara 18 dan 48 tahun. Mereka mengalami beberapa gejala, sebagian besar sakit kepala, enam hingga 13 hari setelah vaksinasi. Seorang penerima vaksin, perempuan asal negara bagian Virginia, meninggal pada bulan Maret.

Editor: Mus


Published at :
Leave Your Footprint

    Social Media

    Tweets By @BinusTV

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close