People Innovation Excellence

Penjelajah NASA di Mars Buat Oksigennya Sendiri

Instrumen “Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment” atau MOXIE. Sumber foto: NASA/VOA Indonesia

 

Penjelajah Perseverance milik Badan antariksa Amerika (NASA) dilaporkan telah mengubah karbon dioksida (CO2) di atmosfer Mars menjadi oksigen.  NASA melaporkan, hal ini menjadi sebuah langkah penting menuju eksplorasi manusia pada masa depan di Mars.

Pada Senin (19/4) NASA menyatakan, instrumen eksperimental seukuran pemanggang roti di Penjelajah Perseverance, yang disebut Mars Oxygen In-Situ Resource Utilization Experiment (MOXIE), menghasilkan sekitar 5,4 gram oksigen dalam satu jam. Jumlah itu cukup untuk membuat astronot tetap sehat selama sekitar 10 menit.

NASA mengatakan dalam operasi reguler, MOXIE dirancang untuk menghasilkan hingga 10 gram oksigen dalam satu jam.

NASA juga menyatakan, MOXIE adalah bagian dari “penelitian teknologi eksplorasi,” seperti helikopter Ingenuity dan instrumen lain yang dibawa ke Mars bersama dengan penjelajah Perseverance.  Instrumen itu dirancang untuk menguji teknologi tertentu yang, jika berhasil, akan diterapkan dalam skala yang lebih besar dalam misi mendatang di Planet Mars.

Dalam penjelasannya, NASA mengatakan MOXIE bekerja dengan memisahkan atom oksigen dari molekul karbon dioksida, yang terdiri dari satu atom karbon dan dua atom oksigen melalui proses yang memerlukan pemanasan hingga 800 derajat Celcius. Atmosfer Mars mengandung 96% karbon dioksida.

Editor: Mus

 


Published at :
Leave Your Footprint

    Social Media

    Tweets By @BinusTV

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close