Peran Perempuan dalam Ekonomi Digital Perlu Diperkuat

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, I Gusti Bintang Darmawati. Sumber Foto: kominfo.go.id

 

Menteri Pemberdayaan Perempuan dan Anak, I Gusti Bintang Darmawati menyatakan,  akses terhadap teknologi informasi menjadi kunci untuk meningkatkan pemberdayaan perempuan dalam sektor kewirausahaan digital.  Pernyataan tersebut diungkapnhya dalam Webinar Women in Digital Entrepreneurship yang berlangsung virtual dari Jakarta, Rabu (21/04/2021).

Menteri Bintang menegaskan,  pemerintah memprioritaskan isu pemberdayaan perempuan. Presiden Republik Indonesia  telah memberikan amanat kepada Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak untuk menjalankan lima isu prioritas untuk diselesaikan dalam 5 tahun kedepan.

“Di mana salah satunya adalah pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan yang berperspektif gender perempuan.  Ini bukanlah didasari dari sekedar asumsi belaka data perkembangan usaha mikro kecil menengah dan besar di Indonesia tahun 2014-2018 dari seluruh jenis usaha yang ada di Indonesia 99,99% nya merupakan usaha mikro kecil menengah,” jelasnya.

Menurut Menteri PPPA, pencapaian isu prioritas pemberdayaan perempuan dalam kewirausahaan hanya dapat tercapai apabila perempuan memiliki resiliensi terhadap perubahan zaman yang begitu cepat.

“Kita juga harus berdamai dengan kenyataan bahwa kehidupan di masa depan akan berbeda dengan kehidupan kita dimasa lalu maka memberikan pemahaman dan kemampuan bagi para perempuan pelaku usaha mengenai penggunaan teknologi terkini adalah hal yang krusial,” tegasnya.

Editor: Mus