Amerika Tarik Pasukan dari Afghanistan Paling Lambat 11 September

Pasukan Amerika di Afganistan. Sumber Foto: VOA Indonesia

 

 

Presiden AS Joe Biden telah memutuskan untuk menarik pasukan Amerika dari Afghanistan paling lambat 11 September 2021, atau 20 tahun setelah serangan al-Qaida memicu perang terpanjang Amerika. Tiga sumber yang mengetahui keputusan itu mengatakan kepada kantor berita Reuters.

Menteri Luar Negeri Antony Blinken dan Menteri Pertahanan Lloyd Austin seperti dilaporkan VOA, diperkirakan akan memberi penjelasan singkat tentang keputusan itu kepada sekutu NATO di Brussel pada minggu ini. Biden juga mungkin akan mengumumkan keputusannya itu secara terbuka.

Dalam pernyataan bulan lalu, Taliban mengancam akan kembali menyerang pasukan asing di Afghanistan jika Amerika tidak memenuhi tenggat 1 Mei untuk menarik pasukannya. Tetapi Amerika tetap akan menetapkan tanggal jangka pendek bagi penarikan, kemungkinan untuk menepis kekhawatiran Taliban bahwa Biden akan menunda proses itu.

Tenggat 1 Mei mulai tampak semakin kecil kemungkinannya dalam beberapa pekan ini, mengingat kurangnya persiapan di lapangan untuk memastikan hal itu dapat dilakukan dengan cara yang aman dan bertanggung jawab. Pejabat-pejabat Amerika juga menyalahkan Taliban karena tidak memenuhi komitmen untuk mengurangi kekerasan. Sebagian pejabat memperingatkan Taliban terus terkait al-Qaida.

Editor: Mus