NASA Tunda Penerbangan Robot Helikopter di Mars

Wahana penjelajah Mars milik NASA tampak dengan helikopter Ingenuity, 6 April 2021. Foto diabadikan dengan kamera WASTON pada lengan robotik yang terpasang di wahana, pada hari ke-46 Mars.
Wahana penjelajah Mars milik NASA tampak dengan helikopter Ingenuity, 6 April 2021. Foto diabadikan dengan kamera WASTON pada lengan robotik yang terpasang di wahana, pada hari ke-46 Mars. Sumber Foto: VOA

 

 

 

Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (National Aeronautics and Space Administration/NASA), seperti dilaporkan VOA pada Sabtu (10/4), memutuskan menunda penerbangan pertama helikopter mininya yang diberi nama Ingenuity di planet Mars selama beberapa hari. Penundaan dilakukan setelah terjadi kendala teknis ketika menguji baling-balingnya.

Perjalanan Ingenuity akan menjadi penerbangan pertama di planet Mars yang dikontrol dari bumi. Penerbangan itu tadinya dijadwalkan pada Minggu (11/4), tapi ditunda menjadi paling cepat 14 April.

Tes baling-baling helikopter seberat 1.8 kilogram dengan kecepatan tinggi pada Jumat (9/4) berakhir lebih cepat dari perkiraan karena peringatan mengenai kemungkinan terjadinya masalah.

“Tim helikopter sedang meninjau telemetri untuk mendiagnosis dan memahami isunya,” kata NASA dalam pernyataan. “Setelah itu, mereka akan menjadwal ulang tes dengan kecepatan penuh.”

NASA mengatakan helikopter itu “aman dan sehat” dan telah mengirim informasi ke Bumi.

(Mus).