Presiden Joko Widodo Bertolak ke Lokasi Bencana Nusa Tenggara Timur Pada Hari Ini

Sumber foto: Instagram (@jokowi)

Pada hari Jumat (9/4/2021) Presiden Joko Widodo berkunjung ke Nusa Tenggara Timur untuk meninjau sejumlah kawasan yang terkena dampakĀ  akibat bencana yang terjadi. Presiden beserta rombongan lepas landas dari pangkalan TNI AU Halim Perdanakusuma, Jakarta, pada pukul 06.00 WIB dan dijadwalkan mendarat di Bandara Frans Seda, Kabupaten Sikka.

Sumber foto: Instagram (@jokowi)

Selain berkunjung, Presiden Joko Widodo memberikan bantuan berupa makanan, obat-obatan, dan pakaian bagi korban di Adonara dan Lembata yang akan didistribusikan menggunakan 6 helikopter dari Kupang dan Maumere. Selain menggunakan helikopter, bantuan juga akan didistribusikan menggunakan 5 kapal RI yang salah satunya akan digunakan sebagai rumah sakit apung.

Seperti yang diketahui sejak tanggal 2 hingga 5 April 2021, Kota Kupang dan 21 kabupaten di Provinsi NTT merupakan daerah yang dilanda bencana banjir dan tanah longsor yang terkena dampak dari Siklon Tropis Seroja. Bencana ini mengakibatkan ribuan orang mengungsi dan ratusan orang lainnya meninggal dunia.

Terhitung sejak 6 April hingga 5 Mei 2021, Viktor Bungtilu Laiskodat selaku Gubernur NTT telah menetapkan status tanggap darurat bencana. Status tanggap darurat bencana angin siklon tropis, banjir bandang, tanah longsor, dan gelombang pasang di NTT telah ditetapkan melaui surat keputusan Nomor 118/KEP/HK/2021.

Berdasarkan data dari Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) total korban meninggal sampai saat ini mencapai 163 orang dan 45 orang lainnya dinyatakan hilang atau masih dalam proses pencarian per tanggal 8 April 2021. Doni Monardo selaku Kepala BNPB menyebutkan jumlah korban meninggal terbanyak ditemukan di Flores Timur, tepatnya di pulau Adonara.

Anis Sahara