Jokowi Dikirimi Surat dari Para EO untuk Bisa Gelar Event

Para pekerja kreatif dan event Indonesia mengirim surat terbuka kepada Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Mereka meminta kelonggaran untuk kembali mengadakan pertunjukan atau acara secara offline.

Presiden Director PT Java Festival Production, Dewi Gontha mengatakan bahwa surat yang dikirimkan tersebut berasal dari beragam asosiasi dan perkumpulan pekerja seni dan event itu tidak menyerang pihak manapun. Namun, semua pengirim surat tersebut agar diizinkan menggelar acara-acara dan tetap menetapkan protokol kesehatan Covid-19.

“Sebenarnya surat terbuka itu bertujuan bukan untuk menyerang siapa-siapa tapi kami bersama banyak asosiasi ingin diizinkan memulai kembali menggelar beragam konser, pertunjukan, dan acara, tetapi dengan protokol yang berlaku,” ujar Dewi Gontha.

Kenapa banyak EO Event yang melontarkan surat? Alasannya karena industry ini yang pertama kali diberhentikan sejak pandemi Covid-19 muncul di Indonesia. Hal tersebut tentunya membuat para pekerja tidak memiliki pendapatan.

“Harapan kami jadi ada dukungan pasti dari pemerintah dan tertulis. Kami akan ikut aturan dan dukung pemerintah karena kami juga belajar dari gelaran event yang ada di luar negeri untuk tetap menjaga protokol kesehatan. Nah surat ini mewakili berbagai pihak untuk tujuan kerjasama agar segera disikapi,” ujar Dewi.

Surat terbuka ini pun untuk Presiden Jokowi juga diteruskan kepada Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Kapolri, Ketua Komisi X DPR, Menteri kesehatan, dan Ketua Satgas Covid-19 Indonesia.

Andre Ferdiansya