9 Tanda Yang Mungkin Pernah Membuat Anda Terkena Covid-19 Tanpa Sadar

 

Pada sebagian kasus, Covid-19 bahkan tidak menunjukkan gejala atau hanya gejala ringan. Hal ini membuat sebagian orang mungkin tak menyadari bila sudah terkena Covid-19. Setidaknya ada sembilan gejala yang mungkin menunjukkan bahwa seseorang sudah pernah terkena Covid-19 dan sedang berada pada fase PASC. Berikut ini adalah kesembilan gejala tersebut, seperti dilansir Eat This, Ahad (28/2).

Kelelahan

Dr Fauci mengatakan salah satu gejala yang mungkin terjadi pada fase PASC adalah kelelahan ekstrim.

Kehilangan Indera Perasa atau Penciuman

Gejala lain yang juga umum dialami oleh orang-orang dengan PASC adalah kehilangan indra penciuman atau perasa. Sebagian memperkirakan bahwa kondisi ini mungkin terjadi karena SARS-CoV-2 menyebabkan kerusakan langsung pad asaraf olfactory atau karena ada inflamasi dan obstruksi hidung.

Sesak Napas

Covid-19 yang ringan pun dapat menyebabkan kerusakan pada paru-paru. Kerusakan ini dapat menyebabkan terjadinya sesak napas yang bertahan lama.

Gangguan Tidur

Hal ini mungkin terjadi karena SARS-CoV-2 mempengaruhi sistem saraf tubuh sehingga menganggu kualitas tidur.

Demam atau Fluktuasi Suhu Tubuh

Kondisi ini terjadi karena tubuh mungkin masi mencoba melawan infeksi secara konsisten, meski virus penyebab Covid-19 sebenarnya sudah tidak ada di tubuh.

Gejala Pencernaan

Gejala lain yang mungkin terjadi pada kasus PASC adalah muntah, diare, dan mual. Untuk menghindari atau meredakan gejala ini, dokter menganjurkan agar orang-orang menerapkan pola makan yang sehat.

Kecemasan atau Depresi

Kondisi ini bahkan bisa dialami oleh orang-orang yang mengalami gejala ringan Covid-19.

 Brain Fog

Gejala ini mungkin dirasakan pada orang-orang yang mengalami gejala sisa Covid-19, khususnya pada kelompok usia tua.

Ragam Gejala

Pasien-pasien Covid-19 melaporkan hingga 98 gejala yang berbeda. Dr Fauci mengatakan saat ini para ahli dari berbagai keahlian sedang mencari tahu lebih jauh tentang keragaman gejala ini.

PASC bisa terjadi pada siapa saja, bahkan pada orang-orang yang berusia muda dan sehat. Bila merasakan gejala-gejala terkait PASC ini, sebaiknya segera hubungi tenaga kesehatan profesional.

Sumber : Republika

Achamd Andika