KELILING KAMP KONSENTRASI AUSCHWITZ BERSAMA TREX TOUR X DIGITIKET

Setelah sebelumnya Trex tour dan Digitiket mengadakan virtual tour dengan tema Adolf Hitler, Swastika, dan Nazi, kali ini kita diajak kembali dalam virtual tur ke kamp konsentrasi Auschwitz pada masa Adolf Hitler memimpin. Dibawakan oleh Ameliya Rosita, bersama teman – teman lainnya kita diajak berkeliling virtual di masa saat Auschwitz masih menjadi tempat mencekam para tawanan Adolf Hitler.

Auschwitz pada mulanya adalah barak militer pasukan SS yang berlokasi di selatan Polandia. Nazi kemudian menyerang dan menguasai Polandia pada September 1939 dan pada Mei 1940, mengubah tempat itu menjadi penjara bagi tahanan. Area ini di atas gerbangnya tertulis “Arbeit Macht Frei” yang berarti bekerja membebaskanmu yang kemudian dikenal sebagai Auschwitz.

Saat mengikuti virtual tur ini Ameliya menjelaskan bahwa orang-orang dari seluruh Eropa dikirim ke kamp ini, mereka kemudian dipilah mana yang bisa bekerja dan mana yang harus segera dibunuh. Penjaga Nazi berusaha menyembunyikan kejahatan mereka ketika pasukan Soviet mendekat, dan mencoba untuk menghancurkan catatan tahanan mereka yang banyak – membuatnya sulit untuk sepenuhnya menghitung jumlah korban.

Menurut Ameliya korban tidak kurang dari 1,1 juta jiwa. Orang-orang Yahudi dari seluruh penjuru Eropa yang dikendalikan Nazi merupakan mayoritas korban. Hampir 1 juta orang Yahudi dibunuh di Auschwitz.

Virtual tur ini memberikan kita pelajaran akan sejarah kelam Auschwitz dan agar tidak akan terulang lagi di masa yang akan datang.

VLADIMIRE WINOTO