Mengenal Lebih Jauh Tentang Kerajinan Bambu Buatan Desa Sidatapa

Di awal tahun ini tepatnya Minggu, 3 Januari 2021 pekan lalu, Trex Tour bersama Universitas Pendidikan Ganesha mempersembahkan sebuah kegiatan virtual tour. Virtual tour ini diadakan dengan mengangkat kerajinan khas bambu buatan Desa Sidatapa. Bersama dengan founder dari Trex Tour yaitu Ameliya Rosita serta Putu Sinar Jaya selaku Ketua Pokdarwis Sidatapa, para peserta diajak untuk mengenal lebih dalam terkait proses pengolahan kerajinan bambu buatan Desa Sidatapa. Dimana pengucapan mantra penanaman bambu disebut sebagai tradisi yang perlu dilakukan dalam proses pengolahannya.

 

Antusias akan kerajinan bambu ini sendiri dapat dikatakan cukup baik. Adapun kerajinan berupa sedotan bambu diakui menjadi salah satu produk yang disukai oleh pembeli asal Jepang. Meski begitu, Ketua Pelaksana Program Pendampingan Pelaku Desa Sidatapa dari Universitas Pendidikan Ganesha, Ary bersama dengan Putu Sinar Jaya berharap agar virtual tour kali ini dapat membuat kerajinan bambu lebih dikenal. Selain lebih dikenal, virtual tour ini juga  diharapkan mampu meningkatkan antusias pembeli. Hal ini dikarenakan kerajinan bambu buatan Desa Sidatapa merupakan salah satu UMKM, yang berperan sebagai katup pengaman ekonomi selama pandemi.

Untuk informasi lebih lanjut, kunjungi laman Instagram :

https://www.instagram.com/trex_tour/

Felistia Karmelia
  1. Semoga banyak tradisi masyarakat yang dijaga dan mampu menjaga keseimbangan alam inj. Bali Aga sebagai desa tua menyimpan segudang tradisi dan budaya