People Innovation Excellence

Laporan Digital Freedom: Covid-19 Jadi Alasan Pemerintahan Meningkatkan Pengintaian

 

Berbagai pemerintahan di seluruh dunia telah menggunakan pandemi Covid-19 sebagai alasan untuk memperluas pengintaian digital dan mengumpulkan data warga mereka.

Laporan “Freedom on the Net” yang diterbitkan Rabu (14/10) oleh Freedom House, memperoleh temuan bahwa aktor Negara dan non-Negara sering mengutip Covid-19 untuk membenarkan pengintaian yang diperluas dan pengerahan teknologi baru yang dianggap bersifat terlalu memasuki ranah pribadi.

Pembela hak-hak memperingatkan sistem teknologi baru ini yang dikembangkan untuk melakukan pelacakan kontak dan pemberlakuan karantina bisa disalahgunakan, khususnya di negara otoriter seperti China. Negara ini telah masuk peringkat paling buruk dari segi kebebasan Internet untuk tahun keenam berturut-turut.

Laporan ini secara khusus mengkritik China sebagai pelaku pelecehan kebebasan Internet terburuk di dunia, dan Beijing juga memanfaatkan cara-cara baru untuk melakukan pengintaian digital selama pandemi berlangsung.

Laporan itu mencatat bahwa pihak berwenang China menggabungkan alat teknologi baik rendah maupun tinggi tidak sekedar untuk mengelola perebakan virus corona, tetapi juga menakut-nakuti pengguna Internet dari inisiatif berbagi informasi sumber independen dan mempertanyakan narasi resmi pemerintah.

Laporan itu menyimpulkan, “pandemi ini memberi peluang untuk menormalkan sejenis sikap otoriter di dunia maya, sesuatu yang sudah lama diincar Partai Komunis China untuk dipraktikkan di Internet.”

Sumber: VOA Indonesia


Published at :
Leave Your Footprint

    Social Media

    Tweets By @BinusTV

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close