People Innovation Excellence

Penyair AS Louise Glück Raih Nobel Kesusastraan 2020

 

 

Hadiah Nobel Kesusastraan 2020 dianugerahkan kepada penyair Amerika Serikat, Loiuse Glück. Komite Nobel menyebutkan, dengan suara puitisnya yang jernih dan indah membuat eksistensi individual menjadi universal.

Louise Glück (77) adalah profesor sastra Inggris di Yale University. Karya perdananya Firstborn yang dirilis 1968 meroketkan namanya sebagai salah satu penyair paling kenamaan dalam tatanan kesusastraan kontemporer di Amerika Serikat.

“Puisinya punya karakter berusaha mencari kejernihan, seringnya berfokus pada masa kanak-kanak dan kehidupan keluarga serta relasi erat antara orang tua dan anak-anaknya”, demikian pernyataan Komite Nobel di Stockholm.

Selain menulis sejumlah koleksi puisi, Glück juga dikenal sebagai penulis essay dan kritik sastra kenamaan. Sebelumnya penyair ini juga dianugerahi National Book Award.

Diwarnai keributan dan kontroversi

Penghargaan Nobel Kesusastraan tahun ini berada di bawah bayang-bayang keributan dan kontroversi dari penghargaan tahun-tahun sebelumnya. Penghargaan Nobel Kesusastraan tahun 2018 ditangguhkan, akibat tudingan pelecehan seksualdi dalam Swedish Academy yang merupakan lembaga pemilih pemenang penghargaan. Sejumlah anggota akademi kerajaan itu juga melakukan eksodus massal.

Tahun 2019, penghargaan Nobel Kesusastraan sekali lagi memicu kontroversi. Tahun lalu, dua pemenang diumumkan sekaligus, yakni untuk penghargaan tahun 2018 yang tertunda, yang diraih penulis Olga Tokarczuk dari Polandia dan penghargaan 2019 untuk penulis Peter Handke dari Austria.

Penghargaan Nobel Kesusastraan buat Handke sontak memicu gelombang protes, karena penulis ini adalah pendukung setia Serbia dalam perang Balkan tahun 1990. Handke dituding sebagai pendukung kejahatan perang Serbia.

Sejumlah negara, terutama Albania, Bosnia dan Turki memboikot acara penghargaan sebagai aksi protes. Juga beberapa anggota komite yang menominasikan kandidat untuk hadiah Nobel Kesusastraan menyatakan mengundurkan diri.

Sumber: DW Indonesia


Published at :
Leave Your Footprint

    Social Media

    Tweets By @BinusTV

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close