Fitur Terbaru WhatsApp, Fitur Foto, Video hingga GIF Bisa Terhapus Otomatis

WhatsApp dilaporkan tengah melakukan uji coba fitur menghapus pesan secara otomatis. Informasi ini diketahui dari laporan WABetaInfo beberapa waktu lalu.

Dikutip dari XDA Developers, Rabu (23/9/2020), kali ini uji coba ditujukan untuk pesan dalam bentuk media. Jadi, foto, video, maupun GIF yang dikirimkan, akan dapat terhapus secara otomatis.

Uji coba fitur ini sebenarnya bukan kali pertama dilakukan WhatsApp. Sebelumnya, aplikasi milik Facebook juga melakukan uji coba serupa untuk pesan teks.

Meski sama-sama hadir dengan kemampuan menghapus pesan secara otomatis, kemampuan menghapus pesan dalam bentuk media ini berbeda dari teks.

Dari bocoran yang diterima, pengirim pesan WhatsApp  tidak dapat mengatur durasi pesan, sebelum terhapus otomatis. Karenanya, pesan akan langsung hilang, begitu penerima meninggalkan laman percakapan.

Nantinya, media yang terhapus juga tidak akan muncul dengan keterangan ‘This media has expired’. Oleh sebab itu, begitu pesan terhapus tidak ada jejak yang menandakan keberadaannya.

Berdasarkan tangkapan layar pula diketahui media yang akan terhapus secara otomatis, akan memiliki tampilan berbeda dari media biasa.

Dengan kata lain, penerima akan mengetahui bahwa media yang dikirimkan akan dihapus setelah dirinya meninggalkan laman percakapan.

Mengingat fitur ini masih dalam pengembangan, belum diketahui kapan WhatsApp akan menggulirkannya untuk para pengguna. Untuk itu, menarik menunggu pengumuman resmi dari perusahaan.

Sumber: Liputan6.com