Baparekraf Game Prime 2020 Online Selesai Digelar, Lebih Dari 600 Ribu Penonton Meramaikan Secara Online

Event industri gim terbesar di Indonesia bertajuk Baparekraf Game Prime 2020 Online telah selesai dilangsungkan pada tanggal 1 hingga 5 Agustus 2020 yang lalu.

Acara tahunan ini merupakan kolaborasi antara Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Asosiasi Game Indonesia (AGI), dan GGWP.ID. Kegiatan ini dimulai sejak tahun 2016 dengan tajuk BEKRAF Game Prime, dan pada tahun kelimanya ini berevolusi menjadi Baparekraf Game Prime.

Hadir di tengah masa new normal, event Baparekraf Game Prime 2020 Online mengusung konsep pelaksanaan yang baru, yaitu penonton bisa menikmati seluruh rangkaian acara melalui penayangan online.

Meskipun secara online, namun Baparekraf Game Prime 2020 Online tetap berkomitmen menghadirkan pengalaman seperti acara-acara di tahun sebelumnya, yaitu eksibisi gim lokal, edukasi yaitu masterclass dan webinar yang menghadirkan narasumber baik dalam dan luar negeri, aktivitas mini game, hingga turnamen esports PUBG Mobile Online Tournament. Selain itu, antusias pelaku industri game mulai dari developer, hingga gamer di Indonesia terbukti sangat tinggi melihat total angka penonton melalui livestream yang menembus angka 600 ribu penonton!

Selama pelaksanaan, berbagai rangkaian acara hadir, disaksikan, serta diikuti oleh berbagai pelaku industri gim, mulai dari developer lokal Indonesia, hingga kalangan gamers yang menyukai esports.

“Baparekraf Game Prime (BGP) ini menjadi satu-satunya ajang yang mempertemukan stakholders di bidang game, digital game. Dimana di BGP ini para game developer bisa menunjukkan karya kepada para gamer, pada game enthusiast. Dimana para game developer bisa mempertajam game yang mereka develop. Di BGP juga banyak terjadi pertemuan bisnis antara pada game developer dan investor.” tutur Josua A Simanjuntak selaku Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif.

Akhir kata kami mengucapkan terima kasih kepada semua pihak yang telah mendukung terlaksananya Baparekraf Game Prime 2020. Semoga acara ini membawa manfaat bagi banyak orang dan terutama kemajuan industri game Indonesia.” tutup Josua Simanjuntak.

Gim yang direview Republik Sultan serta Milokuma

Review gim yang dibawakan apik, interaktif, dan edukatif oleh Republik Sultan dan juga Milokuma. Penikmat game dapat menyaksikan tayangan ini pada tanggal 6 Agustus 2020 mendatang di YouTube Channel Asosiasi Game Indonesia dan Republik Sultan.

Gim-gim yang dimainkan dan diulas oleh Republik Sultan serta Milokuma adalah DreadOut 2, Code Atma, Action Time, Pamali: Indonesian Folklore Horror, Thousand Layered Edge, Aqua Culture Land, Faerie Afterlight, Samudra, Paw Paw Paw, dan Pulang: Insanity.

Masterclass dan Webinar dari para ahli dan pelaku di Industri Game

Bagi para pengembang gim, atau yang ingin tertarik terjun ke dunia pengembangan gim, Masterclass dan webinar yang diadakan Baparekraf Game Prime 2020 Online bisa menjadi satu bagian yang hadir pada tanggal 2 Agustus 2020 kemarin.

Berbagai pembicara ahli hadir di Webinar yaitu Joshua Simanjuntak (Plt Deputi Bidang Ekonomi Digital dan Produk Kreatif), I Nyoman Adhiarna (Plt Direktur Ekonomi Digital – Kemkominfo), Cipto Adiguno (Ketua Asosiasi Game Indonesia), Ricky Setiawan (CEO GGWP.ID), Rianti Hidayat (Chief Designer – Gung Ho Entertainment), Anggia Lestari (Co Founder – Masshive Media), Ken Lai (CEO Brandonville Studio), Rachmad Imron (CEO Digital happiness), Kris Antoni (CEO Toge Production), Shierly Kosasih (VP MNC Contents & Licensing).

Serta pastinya ada Masterclass yang menghadirkan Ramadhany Candra (COO Maulidan Games), Brigitta Rena (Co Founder Mojiken Studio), dan Chris Murphy (Evangelist Epic Games) selaku pembicara.

 

Pameran Game Online

Baparekraf Game Prime 2020 Online menghadrikan online exhibition melalui situs gameprime.org yang menampilkan banyak gim karya anak bangsa dari berbagai developer Indonesia! Momen ini juga menjadi waktu yang tepat untuk mulai mengenal gim-gim yang dikembangkan oleh developer gim Indonesia.

Setidaknya ada 30 gim karya developer lokal yang dipamerkan di Baparekraf Game Prime 2020 Online melalui sesi online exhibition di gameprime.org. Seluruh gim mengusung tema unik dan tentunya mencerminkan kreativitas dari industri gim yang sangat beragam serta terus berkembang dari masa ke masa.

Untuk pameran game online, walau sudah menyelesaikan rangkaian Baparekraf Game Prime 2020 sudah selesai, game-game karya developer lokal Indonesia masih dipamerkan dan bisa disaksikan oleh gamer maupun pelaku industri Game Indonesia melalui gameprime.org.

 

Game Award & Esports Award

Sebagai wujud apresiasi dan motivasi bagi pengembang gim Indonesia untuk terus berkarya, Baparekraf Game Prime 2020 juga diramaikan dengan penghargaan khusus, yaitu Game Award.

Berbagai gim karya pengembang gim Indonesia menjadi nominator di berbagai kategori penghargaan yang tersedia. Tetapi, tentunya hanya ada satu gim saja yang menjadi pemenang untuk masing-masing kategori.

Peraih penghargaan di masing-masing kategori Game Award Baparekraf Game Prime 2020 adalah:

Game Industry Person of The Year

  • Frida Dwi Iswantoro (CEO – NOOBZILLA)
  • Kris Antoni (CEO – TOGE Productions)
  • Riris Marpaung (CEO – GAMECHANGER Studio)

Pemenang Game Industry Person of The Year: Kris Antoni (CEO – TOGE Production)

Esports Person of The Year

  • Andrian Pauline (CEO – RRQ)
  • Kornet Emas (Revival Talent Management)
  • Zuxxy Luxxy (Bigetron RA)
  • Wijaya Nugroho (Garena Indonesia)

Pemenang Esports Person of The Year: Zuxxy Luxxy (Bigetron RA)

Indonesia Game of The Year

  • Retrogade Arena (Freemergency)
  • Dreadout 2 (Digital Happiness)
  • Code Atma (Agate)
  • Coffee Talk (Toge Productions)
  • Rocky Rampage (Joyseed Gametribe)

Pemenang Indonesia Game of The Year: Dreadout 2 (Digital Happiness)

Indie Game of The Year

  • DreadOut 2 (Digital Happiness)
  • Code Atma (Agate)
  • Action Time (Freemergency)
  • Pamali: Indonesian Folklore Horror (StoryTale Studios)
  • Thousands Layered Edge (13th Studio)

Pemenang Indie Game of The Year: Code Atma (AGATE)

PUBG Mobile Online Tournament Berhadiah Rp100.000.000

Salah satu ciri khas dari gelaran Baparekraf Game Prime dan selalu dinantikan para gamer dan penikmat esports dari tahun ke tahun adalah kehadiran turnamen esports.

Untuk tahun 2020 ini, PUBG Mobile dipilih menjadi gim yang dipertandingkan. Kompetisi PUBG Mobile Online Tournament ini mengikutsertakan 16 tim, di mana 14 tim merupakan direct invite kepada tim PUBG Mobile terbaik di Indonesia, dan 2 tim lainnya adalah tim yang lolos dari kualifikasi Road to Baparekraf Game Prime 2020.

Setelah melalui dua hari pelaksanaan (4-5 Agustus 2020) dan melewati 10 babak, akhirnya Morph Team berhasil meraih gelar juara di turnamen esports Baparekraf Game Prime 2020 dengan perolehan poin 155 dan 3 kali menyabet Winner Winner Chicken Dinner.

 

Serunya Menonton Influencers Bermain Werewolf dan Tebak Gambar

Sebagai bagian dari industri kreatif di Indonesia, para influencer, caster hingga cosplayer meramaikan Baparekraf Game Prime 2020 Online dengan bermain Werewolf dan tebak gambar yang berlangsung secara online, dan ditayangkan di YouTube GGWP.ID pada tanggal 4-5 Agustus 2020!

Para influencer yang meramaikan adalah Raditya Dika, Arif Muhammad, Chandra Liow, Imam Darto, Dimas Danang, Onadio Leonardo, Ryan KB, Abed Ansel, Volva, Wolfy, Nona Berlian, Edelyn, Momo, Punipun, Clara Mongstar, dan Clausie.

Keseruan berbalut “kekacauan” dan kejenakaan dihadirkan para influencer yang bermain serius namun santai yang tentunya menghibur para penonton yang menyaksikan. Tidak jarang para pemain tertawa pecah karena aksi-aksi menghibur.