WHO Anjurkan Frasa Physical Distancing Daripada Social Distancing

Pembatasan Jarak di Stasiun
Sumber Foto: PT KAI

 

 

Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) secara resmi menganjurkan dan mendorong penggunaan frasa physical distancing yang berarti menjaga jarak fisik daripada penggunaan frasa social distancing (menjaga jarak sosial).

WHO seperti dilaporkan Reuters yang dikutip ANTARA, mengubah frasa untuk merekomendasikan “jarak fisik” daripada “jarak sosial”. Tujuannya untuk mendorong masyarakat agar tetap terhubung melalui media sosial.

Menurut WHO, gagasan pengubahan itu untuk menjernihkan pemahaman bahwa perintah untuk tetap di rumah selama wabah virus corona jenis baru (Covid-19), bukan tentang memutuskan kontak dengan teman dan keluarga, tetapi menjaga jarak fisik untuk memastikan penyakit itu tidak menyebar.

Untuk itu, WHO menjelaskan bahwa menjaga jarak fisik dan mengkarantina diri bila sakit memang baik untuk menahan penyebaran Covid-19, namun bukan berarti membuat orang-orang menjadi terisolasi secara sosial.

Masyarakat tetap perlu melakukan interaksi sosial, terutama dengan memanfaatkan teknologi informasi dan menggunakan media sosial.

Editor.Mus2020