Dampak Corona, 19 Perjalanan KA Jarak Jauh dari Jakarta Dibatalkan

 

Penerapan Social Distancing di Stasiun
Penerapan Social Distancing di Stasiun. Sumber Foto: DOK PT KAI

 

 

Mulai Senin (23/3/2020), KA dari Stasiun Gambir dan Stasiun Pasar Senen mengalami pengurangan operasional hingga 19 perjalanan. Pembatalan ini berlaku hingga 1 April 2020 mendatang.

Pengurangan operasional tersebut,  sebagai tindak lanjut dari keputusan PT Kereta Api Indonesia Daop 1 Jakarta yang mengurangi sejumlah perjalanan KA untuk menerapkan prinsip social distancing guna mencegah penyebaran virus Corona.

KA yang mengalami pembatalan operasional merupakan pemberangkatan jadwal yang memiliki jarak berdekatan dengan daerah tujuan yang sama. Dengan demikian jika calon penumpang memiliki pilihan jadwal KA lain dan memang harus tetap melakukan perjalanan pada hari tersebut, akan dibantu oleh petugas untuk proses pengalihan jadwal keberangkatan.

“PT KAI Daop 1 akan berupaya terus melakukan pengaturan agar para pengguna tetap akan memiliki jarak tertentu d idalam kereta. Karena untuk saat ini volume penumpang pada KA Jarak Jauh tidak sepadat waktu normal dan jadwal KA yang di batalkan merupakan jadwal dengan okupansi volume penumpang yang tidak padat untuk saat ini,” ujar Eva Chairunisa, Kepala Humas PT KAI Daop 1 sebagaimana dikutip dari keterangan resmi, Senin (23/3/2020).

Editor: Mus2020