Virus corona: Ilmuwan Australia ungkap cara sistem kekebalan tubuh perangi Covid-19

 

 

Sumber foto: BBC.com

BBC Indonesia (18/03/2020)  melaporkan, sejumlah ilmuwan di Australia telah berhasil mengidentifikasi bagaimana sistem kekebalan tubuh memerangi virus Covid-19.

Riset yang mereka terbitkan di jurnal Nature Medicine (17/03), memperlihatkan cara orang-orang pulih dari virus corona serupa dengan cara ketika pulih dari flu biasa.

Riset yang dilakukan tim dari Peter Doherty Institute for Infection and Immunity di Melbourne mendapat apresiasi para pakar. Penemuan tersebut dinilai sebagai hal penting karena mengetahui sel imun mana yang tampil ‘berperang’ membantu upaya pembuatan vaksin.

Ada empat tipe sel imun yang tampil untuk memerangi Covid-19. Keempat tipe sel imun ini diamati dengan melacak seorang pasien yang mengalami kasus virus corona dengan gejala ringan-sedang dan tidak punya masalah kesehatan sebelumnya.

Pasien tersebut adalah perempuan berusia 47 tahun dari Wuhan, China itu, telah mendatangi sebuah rumah sakit di Australia. Dia pulih dalam 14 hari.

Prof Kedzierska dari  Peter Doherty Institute for Infection and Immunity menceritakan kepada BBC, timnya telah memeriksa “keseluruhan respons imun” pasien tersebut.

Tiga hari sebelum kondisi perempuan tersebut mulai membaik, sel-sel tertentu dapat dilacak pada aliran darahnya. Pada pasien dengan influenza, sel-sel yang sama ini juga muncul pada waktu yang hampir sama sebelum si pasien kemudian membaik, kata Prof Kedzierska.

“Kami sangat gembira dengan hasil kami—dan fakta bahwa kami bisa menangkap kemunculan sel imun pada pasien terinfeksi sebelum membaik secara klinis,” paparnya kepada BBC.

Ia menambahkan, puluhan ilmuwan bekerja secara penuh selama empat pekan guna menyampaikan analisis penelitian.

Di seluruh dunia, seperti dilaporkan BBC Indonesia (18/03/2020), terdapat lebih dari 160.000 kasus positif virus corona dan 6.500 orang di antara meninggal dunia.

Editor: Muslikhin