Situs Covid19.go.id di luncurkan

 

“Lindungi diri, lindungi sesama jadi pesan solidaritas dan gotong royong melawan COVID-19”

Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19, Rabu 18 Maret 2020 meluncurkan portal  www.covid19.go.id sebagai sumber informasi resmi  penanggulangan  virus corona yang kini menjadi pandemi global COVID-19.

Situs ini diharapkan bisa menjadi rujukan resmi untuk informasi satu pintu mengenai virus corona dan bagaimana mengendalikannya.

Situs covid19.go.id dikembangkan oleh Tim Komunikasi Risiko dan Pelibatan Masyarakat untuk Penanggulangan COVID-19. Tim terdiri dari berbagai elemen yaitu pemerintah, Badan PBB (UNICEF, WHO, dll), mitra pembangunan internasional, organisasi masyarakat sipil dan dunia usaha.

Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan COVID-19 Doni Monardo, seperti dilaporkan dalam laman bnpb.go.id  menyatakan,  situs covid19.go.id,bertujuan untuk memastikan publik mendapatkan akses pada informasi resmi dan akurat mengenai penanggulangan wabah COVID-19 di Indonesia.

Menurut Doni, situs ini selain sebagai sumber rujukan informasi, juga menekankan pesan utama yaitu Lindungi Diri, Lindungi Sesama.

Situs www.covid19.go.id memuat pesan tentang 3 langkah penting  untuk dilakukan masyarakat yaitu Cara Mengurangi Risiko Penularan, Cari Informasi Yang Benar dan Apa Yang Perlu Dilakukan bila Sakit. Data statistik mengenai jumlah kasus positif COVID-19 diperbarui secara real-time dan diharapkan menjadi acuan untuk berbagai pihak, terutama rekan-rekan media dalam pemberitaan mereka.

Editor: Muslikhin.