Game Online jadi pilihan hiburan saat Wabah Corona

Program Analisis Game Online di Binus TV
Program review Game Online di Binus TV

Untuk mencegah penyebaran virus corona, semua negara mengimbau warganya untuk mengurangi aktivitas di luar rumah, kalau pun bekerja sebaiknya di dalam rumah. Untuk mengisi waktu selama berada di rumah, banyak orang yang bermain game online.  Firma analisis aplikasi, Sensor Tower, seperti diberitakan Antara.co.id pada 14 Maret 2020, mengungkapkan terjadi lonjakan unduhan game online untuk ponsel menjadi 4 miliar secara global. Jumlah itu naik tajam dari tahun sebelumnya yang hanya 2,9 miliar unduhan.

Lonjakan sebanyak 46%, atau 1,6 miliar unduhan, terjadi pada Februari setelah wabah corona meluas dari China ke sejumlah negara lain. Kenaikan unduhan terjadi di China.

Lembaga analisis aplikasi App Anie mengemukakan, game yang paling diminati selama wabah corona melanda adalah game puzzle seperti “Brain Out” dan game peperarangan “Honour of Kings”. Game “Honour of King”diperkirakan meraup 2 miliar yuan pada awal musim liburan Tahun Baru Imlek.

Para pengembang game merespon wabah virus corona dengan berbagai cara, yang tujuannya agar lebih menarik dan nyaman dimainkan sendirian. Hal ini dilakukan sejalan dengan imbauan agar aktivitasdi luar rumah di kurangi.

Kebanyakan Main Game Online bisa Kecanduan

Namun demikian, sebaiknya kita harus membatasi untuk bermain game online selama berada di rumah. Psikolog Retno IG Kusuma, seperti dilaporkan antara.co.id, kebiasaan main game online secara terus menerus dapat menyebabkan kesulitan dalam memgontrol waktu bermain.  Selain itu dapat mengalami kecanduan, ketika seharian main game online, dan menjadikan aktivitas lain tidak penting atau tidak dilakukan.

Editor:Muslikhin

 

Muslikhin