People Innovation Excellence

Berhasil di Dunia Public Relation

 

 

Jika kita bicara tentang Public relation , hal pertama yang muncul dibenak kita adalah  “komunikasi”. Public relation atau yang biasa kita sebut dengan “PR” adalah salah satu jenis pekerjaan yang berhubungan dengan komunikasi khususnya komunikasi publik . Public relation sangat berperan penting dalam penerimaan opini dari publik berupa kritikan dan saran. Public Relation berperan untuk menjaga citra dan nama baik dari suatu perusahaan/Lembaga lainya. Peran penting ini menjadikan Public Relation (PR) sebagai kunci utama suatu perusahaan.

Untuk mencapai keberhasilan dalam dunia public relation, kita membutuhkan beberapa pengalaman dan kursus yang merupakan pelatihan terbaik untuk sukses dalam public relation. Pertama, kita harus berbicara di depan banyak audiens. Hal kecil seperti public relationesentasi atau berbicara di depan kelas adalah cara terbaik untuk mulai meningkatkan keterampilan kita dalam hubungan masyarakat. Dari itu, kita belajar bagaimana berperilaku dan mengendalikan nada kita ketika kita berbicara. Kita juga belajar bagaimana membuat audiens memperhatikan kita saat kita berbicara.

Kedua, kita bisa mempublic relationaktikkannya dengan bergabung dalam kegiatan yang berhubungan dengan masyarakat.mengapa? Karena ketika kita bergabung dengan kegiatan sosial, kita belajar bagaimana berbicara tatap muka dengan orang-orang yang bahkan tidak kita kenal. Ketiga, kita bisa melakukan magang. Magang membantu kita mengalami banyak hal tentang pekerjaan. Ketika kita melakukan magang di perusahaan formal, kita dapat belajar bagaimana melakukan hal formal dengan benar. Kita juga bisa belajar bagaimana menjalin hubungan baik dengan orang-orang penting dan substansial. Dari magang kita juga dapat membuat cv kita terlihat bagus.

Keempat, pendidikan. Dengan pendidikan, kita belajar lebih banyak tentang hubungan masyarakat dan kita berlatih untuk berpikir kritis. Dengan pendidikan, kita juga bisa membuat pandangan kita lebih besar dari sebelumnya sehingga kita bisa menyelesaikan masalah dengan lebih mudah. Pentingnya hubungan masyarakat mungkin paling baik digambarkan dalam satu fakta sederhana. Tidak hanya lebih banyak perguruan tinggi menawarkan kursus public relation daripada sebelumnya, tetapi mereka juga menggunakan perusahaan public relation sekarang lebih dari sebelumnya.

Sebagian besar public relation pofesional menggambarkan pekerjaan yang mereka lakukan itu menarik dan selalu berubah. Satu frasa umum yang paling banyak diucapkan adalah “tidak ada dua hari yang sama.” bagi orang yang lebih terbuka untuk berubah, lingkungan kerja ini menyediakan tempat berlindung. Tetapi bagi pekerja yang lebih suka konsistensi dan stabilitas, public relation lebih cenderung membuat mereka frustrasi.

Sebagian besar public relation pofesional berasal dari berbagai latar belakang. Banyak perusahaan lebih suka pekerja dengan pengalaman dan kualifikasi di industri klien mereka, daripada hanya public relationKelima, bekerja di lembaga pemerintah. Bagi banyak orang, aula pemerintahan mengesankan, membingungkan, atau bahkan mengintimidasi untuk memahami dan mengarahkan. Karena itu, banyak orang khawatir tentang hukum dan undang-undang hanya setelah mereka disahkan atau diimplementasikan. Untuk perusahaan public relation, strategi hubungan pemerintah yang efektif adalah bagian penting dari melakukan yang benar oleh klien mereka.

Keenam, bekerja di firma / agen hubungan masyarakat. Agensi public relation, sebagai lawan agensi periklanan, mempromosikan perusahaan atau individu. Hal ini dikenal sebagai cerita media yang didapat atau gratis yang muncul di situs web, koran, majalah, dan program tv dibandingkan dengan media atau iklan berbayar.Agensi public relation dan agensi periklanan memiliki tujuan yang sama yaitu mempromosikan klien dan menjadikan mereka tampak sukses, jujur, penting, mengasyikkan, atau relevan mungkin. Tetapi jalan untuk menciptakan kesadaran sangat berbeda. Kebanyakan orang mengerti bahwa iklan dibayar oleh klien dan harus dilihat dengan skeptis.

Ketujuh, layanan profesional. Adalah pekerjaan di sektor tersier ekonomi yang membutuhkan pelatihan khusus dalam bidang seni atau sains. Beberapa layanan profesional memerlukan lisensi profesional seperti arsitek, akuntan, insinyur, dokter, dan pengacara. Layanan profesional lainnya melibatkan penyediaan dukungan bisnis untuk bisnis dari semua ukuran dan di semua sektor; ini dapat mencakup saran pajak, mendukung perusahaan dengan akuntansi, layanan  atau memberikan nasihat manajemen. Terakhir, freelance. Mengapa ? , karena ketika kita melakukan freelance kita juga harus berinteraksi tanpa klien. Tidak peduli apa pekerjaannya, anda juga perlu memiliki keterampilan public relation.

 

Karya Mahasiswa : Maharani Katansa 2201770883


Published at :
Leave Your Footprint

    Social Media

    Tweets By @BinusTV

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close