ComicFest ID

Ini Dia Para Komikus Keren dan Cosplayer yang Akan Hadir di ComicFest ID!

Puluhan exhibitor dan komikus siap unjuk gigi memamerkan kehebatan komik Indonesia, antara lain re:ON Comics, Si Juki, Kosmik, Shonen Fight, hingga komik klasik seperti Gundala Putra Petir, Jaka Sembung, Godam, Panji Tengkorak, dan masih banyak lagi.

Komikus dan ilustrator internasional juga turut meramaikan festival komik ini, antara lain Gaku Miyao dari Jepang, Harvey Tolibao dan Kim Jacinto dari Filipina, serta Puppeteer Lee dan Zeen dari Malaysia. Cosplayer internasional juga akan turut meramaikan live show Grand Legend Ramayana, antara lain Liui Aquino dari Filipina, Ying Tze dari Malaysia, dan Orochi X dari Australia.

Jakarta, 18 April 2016 Event ComicFest ID yang didapuk untuk membangkitkan industri komik Indonesia akan segera digelar di SMESCO Exhibition Hall, Jalan Gatot Subroto, Jakarta pada tanggal 28-29 Mei 2016 mendatang dan akan menjadi ajang kemeriahan para komikus, cosplayer, dan para penggemar budaya populer di Indonesia. Para komikus senior hingga komikus indie dan kontemporer akan tampil dengan karya- karya mereka. Belum lagi para cosplayer lokal Indonesia maupun mancanegara yang memiliki prestasi internasional telah bersiapsiap untuk meramaikan event akbar yang dirancang khusus untuk menjadi salah satu tonggak kebangkitan komik Indonesia ini.

Dari informasi yang telah terkumpul di bagian pendaftaran per hari ini, sudah ada sekitar 60 exhibitor dan komikus yang telah memastikan diri untuk berpartisipasi di ComicFest ID yang mengusung hashtag #MajuTerusKomikIndonesia. Bahkan diperkirakan jumlahnya akan terus bertambah hingga 80 peserta menjelang akhir penutupan pendaftaran pada pertengahan bulan Mei 2016.

Penyelenggara ComicFest ID sendiri membagi exhibitor menjadi tiga bagian yakni Corporate Booth, Artist Alley, dan Comic Market. Khusus untuk Comic Market memang sengaja dimaksudkan untuk membuka kesempatan seluas-luasnya bagi para komikus untuk menjual produknya yang dicetak secara indie (tanpa ISBN). Sementara buku komik dengan ISBN yang berarti telah dicetak secara massal hanya boleh dijual di Artist Alley. “ComicFest ID memang event yang dirancang khusus dengan membawa visi untuk mengapresiasi karya komikus Indonesia dari yang indie hingga senior. Dan kami sengaja memberikan porsi besar untuk mereka. Bahkan kami menyediakan space gratis bagi para komikus senior untuk menghargai perjuangan mereka dulu,” kata Chris Lie, direktur utama PT. Wahana Inspirasi Nusantara di Jakarta, hari ini.

PT. Wahana Inspirasi Nusantara adalah penyelenggara ComicFest ID, yang juga adalah penerbit majalah kompilasi komik lokal re:ON Comics yang pernah sukses menggelar event re:CON pertengahan tahun 2015 yang lalu di Depok. Informasi lengkap mengenai acara ComicFest ID dapat dilihat di www.comicfest.id Jika ditotal dengan nama-nama komikus lainnya beserta karya-karya mereka, maka puluhan komikus dan ilustrator handal Indonesia dipastikan akan berkumpul di ComicFest ID 2016. Mereka antara lain adalah Faza Meonk, Sweta Kartika, Is Yuniarto, Annisa Nisfihani, Ockto Baringbing, Ino Septian, C. Suryo Laksono, Dini Marlina, Galang Tirtakusuma, dan masih banyak lagi. Di samping komikus lokal, juga akan hadir komikus dan ilustrator internasional seperti Gaku Miyao dari penerbit Shonen Gahosha, Jepang.

Dari FIlipina akan hadir Harvey Tolibao yaitu komikus Marvel yang terkenal dengan karyanya di komik X-Men dan Green Lantern serta Kim Jacinto yang juga adalah komikus Marvel yang terlibat dalam komik The Incredible Hulk. Sementara itu dari Malaysia akan hadir ilustrator dan concept artist Puppeteer Lee dan Zeen yang terlibat dalam ilustrasi Legend of the Cryptids. Dari jajaran cosplayer, ada Liui Aquino dari Filipina, Ying Tze dari Malaysia, Orochi X dari Australia serta para cosplayer populer dari Indonesia seperti Pinky Lu Xun, Franzeska Edelyn, Matcha Mei, Clarissa Punipun, Jeanice Ang, Zainaru, dan Erlan. Selain lomba cosplay berhadiah Rp 12 juta yang dikhususkan untuk karakter komik lokal Indonesia, kehadiran para cosplayer ini juga akan meramaikan live show kisah The Grand Legend Ramayana atau hikayat Ramayana dalam versi modern.

Dari sisi edukasinya, ComicFest ID juga mengadakan workshop ilustrasi yang dibawakan oleh komikus dan ilustrator tingkat profesional dengan materi yang dipersiapkan untuk para individu yang berniat untuk memperdalam keahlian mereka dan bersiap untuk terjun ke dunia profesional. “Untuk workshop, dalam seminggu sejak kami buka pendaftarannya langsung fully- booked sehingga kami terpaksa menambah kelas baru lagi,” sambung Chris Lie. Sementara itu, Andik Prayogo, creative director PT. Wahana Inspirasi Nusantara menambahkan bahwa ComicFest ID juga merupakan event pop-culture pertama di Indonesia yang mengusung program CSR oleh perusahaan sponsor yang berniat untuk berkontribusi langsung terhadap perkomikan lokal melalui program Booth Cashback di mana para komikus indie yang namanya terpilih akan dibiayai sewa boothnya oleh sang sponsor.

“Jadi para perusahaan sponsor bisa berperan lebih dalam dan memberikan manfaat langsung kepada komikus indie melalui program CSR ini,” pungkas Andik. (*)

==========

Untuk informasi para jurnalis selengkapnya silakan mengunjungi website : www.comicfest.id