GREENDAY 2015

Greenday IPB 2015 merupakan salah satu acara terbesar dan pertama terkait lingkungan hidup yang dipelopori oleh Departemen Lingkungan Hidup BEM Faperta IPB. Acaranya bertujuan untuk meningkatkan kepedulian tentang lingkungan, menambah wawasan dan melakukan aksi nyata mencintai lingkungan bersama-sama.  Greenday IPB 2015 ini bertemakan Eco Youth Green Movement, yang juga mengajak siswa/i SMA se-Indonesia untuk ikut berpartisipasi di dalam acara ini.

Sebelum itu, Greenday memiliki rangkaian acara yang bernama Lomba IPB HIjau. Acara ini terdiri dari lomba-lomba yang pesertanya merupakan mahasiswa/i aktif IPB. Lombanya terdiri dari Debate Contest, Standup Fest, Video Contest, Photo Contest dan Poster Contest. Untuk Debate Contest, dan Standup Fest sudah terlaksana pada tanggal 24 dan 25 November 2015. Sedangkan untuk Video, Photo dan  Poster Contest penilaian terbagi menjadi dua yaitu terbaik yang dilakukan oleh juri dan terfavorit yang dilakukan deengan penilaian berdasarkan jumlah like terbanyak pada akun Instagram dan Youtube.

Acara puncaknya dilaksanakan selama 3 hari dan akan dilaksanakan pada tanggal 11, 12 dan 13 Desember 2015. Kegiatannya yaitu ada Environmental Youth Camp, Go Green Style, dan National Seminar. Ketiga rangkaian acara tersebut pesertanya merupakan 60 siswa SMA se-Indonesia yang mewakili 20 sekolah dan sudah terseleksi dari Essay yang dikirimkan mereka. Hari pertama di tanggal 11, siswa/I SMA akan ada kunjungan ke bank sampah, kemudian kunjungan ke cifor dan pada malam hari aka nada green cultural night. Hari kedua di tanggal 12,  siswa/I SMA akan melakasanakan Go Green Style yang dimulai dengan operasi semut, biopori, dan games setelah itu akan ada kunjungan ke BMKG dan malam hari akan dilaksanakan Green Discussion Night. Hari ketiga di tanggal 13, akan ada National Seminar dengan peserta siswa/i SMA dan terbuka untuk umum dengan kapasitas maksimum 300 peserta. Seminar tersebut mendatangkan pembicara dari Kementrian Lingkungan Hidup dan Walikota Bogor. Juga akan disertai dengan workshop bersama Enigami, membuat karya dengan kerta bekas menjadi sesuatu yang berguna dan Talkshow Interaktif bersama beberapa komunitas seperti Komunitas Diet Kantong Plastik, Komunitas Pecinta Ciliwung, Komunitas Earth Hour, dan ASEAN Reusable Bag Campaign.

Berharap dapat memberikan yang terbaik, semoga saja Greenday 2015 ini dapat berjalan dengan lancar sesuai dengan rencana dan diadakan kembali tahun depan dengan yang lebih baik lagi.

Greenday 2015. Take Action. Green Movement. Go Greenday