Hantu “Sumiati” Gentayangan Mulai 26 November 2015

MAKASSAR,  — Kisah tentang hantu Sumiati yang melegenda selama berpuluh tahun kini ‘hidup’ kembali.  Cerita tentang Hantu Sumiati  punya banyak versi. Film ini merangkum  cerita yang ada dalam masyarakat Makassar dan sekitarnya, dalam sebuah film horor yang  tidak biasa. Ada ketegangan, ketakutan, tapi juga penuh air mata.

Sutradara Film Sumiati,  Syahrir Arsyad Dini atau akrab disapa Rere mengatakan film Sumiati akan tayang di bioskop di Indonesia, mulai 26 November 2015. Film yang syuting di Sulawesi Selatan ini, tayang di puluhan  kota besar di Indonesia. Seperti Jakarta, Tangerang, Medan, Bogor,  Bandung, Surabaya, Jogjakarta, Banjarmasin, Samarinda, Makassar, Palu, Gorontalo, Manado, dan Kendari. Selain di Cinema XXI, film Sumiati juga hadir di jaringan Blitz, Platinum, dan Cinemax.

Sutradara Film Sumiati, Syahrir Arsyad Dini atau akrab disapa Rere  menambahkan , film ini  diperankan oleh aktris penuh talenta, Dinda Surbakti (Sumiati). Hidup dalam kesederhanaan, Sumiati yang jelita, menjadi anak yang  patuh dan penurut pada orangtua. Suatu hari, ia dijodohkan dengan seorang pelaut. Pesta meriah dalam adat Bugis Makassar dilangsungkan. Sumiati  berjanji akan setia meski suami yang duduk di pelaminan adalah pria pilihan ibunya.

Menariknya , di Film Sumiati juga dimunculkan prosesi pernikahan adat Bugis dengan soundtrack lagu Alosi Ripollo Dua yang diaransemen dengan apik oleh Art2tonic.

Sejak awal film sudah ada ketegangan. Cerita mulai berkembang saat Sumiati   diperkosa oleh empat pemuda. Hanya selang tiga  hari setelah pesta pernikahannya. Di tangannya masih tergambar lukisan henna. Sumiati masih menyimpan janji setia pada sang suami.  Peristiwa mengerikan itu menjadi mimpi buruk hingga akhirnya Sumiati memilih jalan sendiri; gantung diri demi sebuah harga diri.

Di awal film, penonton sudah dikejutkan dengan hantu laki-laki yang selalu muncul dalam mimpi Jeyhan Kler.  Jeyhan memerankan adik salah satu pemerkosa Sumiati. Peran Jeyhan cukup penting karena dari rasa penasarannya ia akhirnya menemukan lelaki (Abd Rojak) yang hidup menyendiri di salah satu kampung di Kabupaten Maros, Sulsel.

Dari cerita yang dituturkan Rojak, Jeyhan akhirnya tahu dan paham kenapa roh kakak kandungnya yang dibunuh dengan cara tragis tak pernah tenang di alam kubur.

Jeyhan jauh-jauh datang dari Jakarta untuk menyingkap kisah yang terkubur bertahun-tahun silam itu.  Tentang hantu perempuan cantik yang gentayangan dan balas dendam pada pemerkosanya. Di sinilah, ujian keikhlasan seorang suami yang masih terus diikuti roh istri tercinta benar-benar tergambarkan dengan sempurna.  Bahwa cinta dan keikhlasan sesungguhnya tak terpisahkan. Bahkan oleh maut sekalipun.

“Meski bergenre horror ada kisah cinta yang menyentuh dalam  film ini. Ada pesan yang ingin disampaikan mengenai makna sebuah keikhlasan,” jelas Rere.  ***

Judul Film:  SUMIATI; The Urban Legend

Produksi: Paramedia

Sutradara: Syahrir Arsyad Dini , Produser: Hendra Sirajuddin

Riset: Sunarti Sain

Pemain: Dinda Surbakti, Abdul Rojak, Ade Fitriani, Jeyhan Kler, Syahdan Nuansa, Jimmy, Cinthya, Rezky

Tayang: 26 November 2015 di XXI, 21, Cinemax, Blitz, Platinum di Indonesia