Civil Engineering Nasional Seminar Universitas Indonesia (CENS UI)

 

Civil Engineering National Summit Universitas Indonesia (CENS UI) merupakan serangkaian acara tahunan yang diselenggarakan oleh Ikatan Mahasiswa Sipil Universitas Indonesia. Pada tahun ini, untuk ke-15 kalinya CENS UI kembali diadakan dengan mengangkat tema Resilient City: Developing Urban Transportation System. Tema tersebut diangkat karena kekhawatiran akan perkembangan infrastruktur transportasi perkotaan, terutama di DKI Jakarta, yang belum adaptif dengan perkembangan zaman sehingga pola-pola pengembangan kota masih memanjakan pengguna transportasi pribadi ketimbang transportasi umum. Hal tersebut diperparah dengan kondisi jalur pedestrian yang tidak layak. Di DKI Jakarta, jalur pedestrian yang tersedia hanya 7% dari 7.250 KM jalan yang membentang di Ibukota ini. Oleh karena itu, CENS UI diadakan dengan harapan agar mahasiswa dapat memberikan ide maupun gagasannya dalam pemecahan masalah infrastruktur transportasi yang ada.

Rangkaian acara CENS UI terdiri dari: International Academic Conference, Workshop, Company Visit, dan diakhiri oleh acara puncak bertajuk National Summit. Tahun ini, rangkaian acara CENS UI dibuka oleh International Academic Conference pada hari Senin, 13 November 2017. Konferensi ini akan mempertemukan mahasiswa-mahasiswa terbaik dari seluruh Indonesia untuk memaparkan ide dan inovasi yang sudah mereka siapkan dalam bentuk karya tulis dan akan dibukukan dalam prociding CSID (Center for Sustainable Infrastructure Development). Harapannya, hasil dari pemikiran dan penelitian yang sudah mereka lakukan dapat dijadikan referensi agar kota-kota di Indonesia dapat menjadi lebih berketahanan.

Pada hari berikutnya, yaitu hari Selasa, 14 November 2017, CENS UI untuk pertama kalinya bekerja sama dengan Project Management Institute Indonesia Chapter mengadakan Risk Management Workshop. Workshop ini akan membicarakan tentang bagaimana cara menganalisa risiko yang mungkin terjadi pada suatu proyek dan akan dibawakan langsung oleh President PMI Indonesia Chapter. Di hari yang sama, delegasi mahasiswa dari seluruh Indonesia yang diundang oleh CENS UI akan mengunjungi pabrik Precast LRT PT. Adhi Karya dalam kegiatan bertajuk Company Visit.

Terakhir, pada acara puncak bertajuk National Summit, akan mempertemukan berbagai tokoh penting yang dapat menjadi kunci pembangunan infrastruktur transportasi di DKI Jakarta. Kegiatan akan dibuka oleh Bapak Sandiaga Salahuddin Uno selaku keynote speaker dan akan diteruskan oleh berbagai pembicara yang relevan di dalam 2 sesi conference. Kegiatan ini juga akan menghadiri berbagai lembaga dan organisasi yang terlibat dalam ruang lingkup transportasi perkotaan seperti The Institute for Transportation Development Policy (ITDP), Koalisi Pejalan Kaki, dan lain sebagainya. Ingin tahu lebih lanjut soal CENS UI? Klik www.cens-ui.com