Kontes ACM International Collegiate Programming (ACM-ICPC)

Kontes ACM International Collegiate Programming (atau disingkat ACM-ICPC) adalah sebuah kompetisi pemrograman komputer multi-tier tahunan antara universitas di seluruh dunia. Kontes ini disponsori oleh IBM. Berkantor pusatdi Baylor University, dengan daerah otonom di enam benua, dan beroperasi di bawah naungan Association for Computing Machinery (ACM).

Kontes melibatkan jaringan global dari universitas-universitas dunia sebagai tuan rumah kompetisi regional yang memajukan tim pemenang dari masing-masing regional ke ACM-ICPC World Finals. Partisipasi dalam lomba ini telah berkembang ke ribuan mahasiswa terbaik dan fakultas dalam disiplin ilmu komputasi di hampir 2.000 universitas dari 80 negara di enam benua. Kontes ini menumbuhkan kreativitas, kerja sama tim, dan inovasi dalam membangun program perangkat lunak baru, dan memungkinkan siswa untuk menguji kemampuan mereka. ACM-ICPC adalah kontes pemrograman di dunia yang tertua, terbesar, dan paling bergengsi.

BINUS UNIVERSITY (http://binus.ac.id/), yang telah bergerak menuju universitas kelas dunia, akan menjadi tuan rumah salah satu Regional Contest Asia. Tahun ini adalah kelima kalinya BINUS host kontes pemrograman paling bergengsi ini di kawasan Asia. Mudah-mudahan, dengan memegang kontes ini, akan memberikan lebih banyak kesempatan untuk mahasiswa Indonesia untuk mengambil bagian dalam kancah internasional dan mendapatkan lebih banyak pengalaman.

Pemenang tahun ini bersama dengan tim pemenang lainnya dari seluruh dunia akan maju ke The 2016 ACM ICPC-World Final.