“JournArtlism”: There is an ART in Journalism

Pelatihan Jurnalistik 2015

“JournArtlism”: There is an ART in Journalism

Lembaga Pers Mahasiswa (LPM) Diamma Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama (UPDMB) kembali menyelenggarakan agenda rutin tahunan, Pelatihan Jurnalistik (Peljurnal), yang bertujuan untuk memberikan wadah bagi masyarakat luas untuk meningkatkan pengetahuan di bidang jurnalistik

Dengan mengusung tema besar “JournArtlism”: There is an ART in Journalism, Peljurnal kali ini memiliki tujuan untuk memberikan edukasi tentang jurnalistik yang ditinjau dari segi seni, seperti desain, layout dan fotografi. Materi penulisan pun turut disuguhkan dalam Peljurnal 2015. Pembicara yang turut hadir dalam Peljurnal 2015 diantaranya Andreas Harsono (Wartawan Senior dan Penulis Buku “Agama Saya Adalah Jurnalisme”, Kiagus Aulianshah (Ilustrator Majalah Detik), dan Mosista Pambudi (Kepala Workshop Museum dan Galeri Foto Jurnalistik Antara).

Semua materi dalam Peljurnal 2015 tidak hanya dikemas dalam bentuk Seminar, melainkan juga Workshop. Hal ini guna mengasah ilmu yang sudah diterima di dalam seminar agar dapat dipraktekkan di dunia nyata. Namun, ada yang berbeda pada Peljurnal tahun ini, yaitu diadakan Talkshow yang membahas seputar dunia jurnalistik bersama Michael Tjandra (News Anchor).

Target peserta Peljurnal adalah skala nasional. Jadi acara ini tidak hanya untuk mahasiswa, melainkan juga pelajar SMA bahkan masyarakat umum. Namun kuota peserta yang tersedia untuk tahun ini hanyalah 70 orang, demi keefektifan saat penerimaan materi dan pelaksanaan Workshop.

Acara akan dilaksanakan di Museum Nasional, Jakarta Pusat pada hari Rabu-Kamis, 16-17 September 2015. Terdapat pula hiburan berupa games dan performance dari pengisi acara untuk memeriahkan Peljurnal 2015 ini.

Untuk harga tiket masuk (HTM) dikenakan biaya kepada peserta sebesar Rp. 65.000. Peserta akan mendapatkan goodie bag, snack, makan siang, sertifikat, dan juga buku buah karya salah satu pengisi materi di Peljurnal. Selain itu, peserta yang memenangkan Workshop tersebut akan mendapatkan hadiah yang menarik. Ada pula doorprize bagi peserta yang beruntung.

 

JOURNARTLISM: “THERE IS AN ART IN JOURNALISM!”

Pendaftaran Peljurnal 2015 :

Mutiara C. Utha : 085711537597 / line: talayara

Evelyn Abigail : 085880040843

 

Pembayaran transfer melalui :

BNI : 0287236187 a/n Mutiara Caesarivana Utha

BCA : 8690886295 a/n Gitta Asri Lidyawati

Mandiri : 1290007556281 a/n Nur Silmi Istiqomah

*Harap konfirmasi sebelum/setelah pembayaran

 

Informasi lebih lanjut :

Twitter : @PelJurnalDiamma

Blog : peljurnal2015.blogspot.com

Tentang Lembaga Pers Mahasiswa Diamma

Media Informasi Masyarakat Moestopo Beragama (Diamma) adalah Unit Kegiatan Pers Mahasiswa tingkat Universitas di Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama) Jakarta. Berdiri pada akhir tahun 2000 dengan kegiatan awal diskusi, pelatihan, dan penerbitan newsletter dua mingguan. Penerbitan pertama Diamma terwujud pada 10 Januari 2001, yang kemudian dijadikan sebagai hari lahir Diamma.

Pada tahun 2002, Diamma diakui sebagai satu-satunya UKM pers mahasiswa di tingkat universitas. Organisasi Diamma pun melebarkan kegiatan penerbitannya dengan mulai menggarap majalah tiga bulanan, menggelar diskusi, seminar, dan workshop jurnalistik untuk kalangan internal maupun umum. Seiring perkembangan teknologi internet dan pesatnya perkembangan media online, Diamma berupaya mengembangkan sayap agar lebih dekat dengan khalayak, khususnya aktivitas akademika UPDM(B) dengan menghadirkan diamma.com. Munculnya diamma.com juga merupakan salah satu terobosan organisasi ini untuk terus berkembang mengikuti zaman.

Dalam perjalanannya, Diamma berkembang menjadi organisasi yang sangat dinamis dan syarat aktifitas. Tidak hanya bergerak dalam bidang penerbitan, Diamma juga rutin menggelar pelatihan dan seminar, baik dengan skala kecil maupun besar. Salah satunya adalah Pelatihan Jurnalistik 2015.

Sekian, sekelumit cerita tentang kami. Semoga Diamma terus “Progresif Mengukir Perubahan”.

 

Alamat Redaksi

Universitas Prof. Dr. Moestopo (Beragama), Pusat Kegiatan Mahasiswa (PKM) 04

Jl. Hang Lekir I/8, Jakarta Pusat

Facebook: LPM Diamma || Twitter: @DiammaMoestopo || Website: www.diamma.com