Social Act 2015 by FEB UI

Turun Langsung Ke Desa, Wujud Nyata Pengabdian Masyarakat Mahasiswa Baru FEB UI 2015

“Bersama Melangkah Membangun Bangsa”

Social Act (Sosact) Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Indonesia (FEB UI) 2015 adalah salah satu kegiatan dari empat kegiatan yang tergabung dalam rangkaian POMB (Program Orientasi Mahasiswa Baru). Berbeda dengan kegiatan orientasi mahasiswa baru pada umumnya, dalam Sosact para mahasiswa baru diajak untuk lebih mengenal kehidupan masyarakat Indonesia, khususnya di daerah pedesaan, dengan cara tinggal di desa dan melakukan aktifitas-aktifitas bersama dengan warga setempat. Aktifitas akan yang dilakukan antara lain pembangunan mushola, pembangunan berbagai fasilitas umum yang dibutuhkan warga, seperti tempat sampah, kegiatan yang bersifat pengembangan kualitas sumber daya manusia, seperti penyuluhan pola hidup sehat kepada rumah tangga dan siswa sekolah dasar, penyuluhan lingkungan hidup dan kesehatan, dan juga kegiatan yang berbasis pertanian, seperti pembibitan dan penanaman sayur. Pada tahun ini Sosact dilangsungkan pada tanggal 17 hingga 20 September 2015 di Desa Darawolong, Kabupaten Karawang.

Pengembangan diri dan karakter seorang mahasiswa tidak dapat dilakukan hanya dengan pengajaran  di kelas semata, melainkan juga harus melakukan penelitian dan turun langsung ke masyarakat untuk membuatnya menjadi seorang mahasiswa yang utuh. Social Act hadir sebagai fasilitator untuk para mahasiswa, khususnya mahasiswa baru, untuk belajar berinteraksi dan menempatkan dirinya di tengah-tengah masyarakat. Dengan melibatkan 242 panitia, 640 mahasiswa baru, dan 180 kepala keluarga yang akan menjadi housefam, Sosact dapat dikatakan sebagai suatu langkah awal dalam menanamkan nilai-nilai pengabdian masyarakat bagi mahasiswa baru FEB UI 2015.

Dengan mengikuti Social Act ini, diharapkan seluruh mahasiswa yang terlibat, baik panitia maupun mahasiswa baru FEB UI 2015, dapat memahami nilai-nilai pengabdian masyarakat dan menerapkannya di dalam kehidupan mereka sehari-hari, maupun di kehidupan berbangsa dan bernegara nantinya. Selain itu, dengan hadirnya Sosact diharapkan masyarakat tempat acara dilangsungkan juga dapat merasakan perubahan atas salah satu langkah mahasiswa dalam membangun bangsa Indonesia.