Gelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya (GPMB) Expo & Awards 2015

Press Release

Gelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya (GPMB) Expo & Awards 2015

Tema: Gerakan Desa Untuk Masyarakat Yang Lebih Berdaya, Berkarakter, dan Berbudaya, Menuju Indonesia Hebat.

Jakarta (30/07) – Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia bersama-sama dengan Corporate Forum for Community Development (CFCD) akan menyelenggarakan kegiatan bertajuk Gelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya (GPMB) Expo & Awards 2015. Kegiatan ini akan diselenggarakan di Hall B Jakarta Convention Center (JCC) pada tanggal 30 Juli – 2 Agustus 2015, direncanakan akan dibuka secara resmi oleh Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Ibu Puan Maharani.

Kegiatan Expo & Awards tahun 2015 ini merupakan penyelenggaraan yang ketujuh kalinya. Pada tahun-tahun sebelumnya, kegiatan ini bernama Gelar Karya Pemberdayaan Masyarakat (GKPM) Expo & Awards dan ditahun 2015 ini berubah menjadi Gelar Pemberdayaan Masyarakat Berbasis Budaya (GPMB) disesuaikan dengan fokus koordinasi Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan. Tema kegiatan yang diangkat pada tahun ini adalah “Gerakan Desa Untuk Masyarakat Yang Lebih Berdaya, Berkarakter, dan Berbudaya Menuju Indonesia Hebat”, hal ini sejalan dengan mulai dilaksanakannya Undang-undang No. 6 tentang Desa dimana desa memiliki kewenangan lebih besar dalam membangun daerahnya. Dengan desa menjadi subjek pembangunan maka pembangunan bangsa ini akan dimulai dari pembangunan manusia Indonesia di desa agar lebih berdaya, berkarakter dan berbudaya.

Tujuan GPMB 2015 adalah untuk:  Mewujudkan sarana informasi dan sosialisasi penyelenggaraan pemerintahan, koordinasi, sinkronisasi, dan pengendalian urusan Kementerian Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan, yang dikemas dalam visualisasi pameran dalam mendukung Gerakan Desa.  Mendorong keterampilan dan bakat individu dalam pengembangan ekonomi lokal, termasuk kemitraan dengan dunia usaha dalam program CSR dan PKBL serta peluang pengembangannya.  Membuka ruang interaksi antar berbagai kementerian dan lembaga peserta pameran dengan pemerintah daerah, dunia usaha, organisasi non pemerintah, dunia pendidikan, pelaku usaha menengah dan kecil, dan peserta pameran lainnya.

Berbagai rangkaian kegiatan akan diselenggarakan dalam GPMB 2015, seperti: pameran, seminar, talkshow, donor darah, festival jamu gendong dan festival kuliner nusantara, cerdas ceria dan lomba menyanyikan lagu berbasis budaya, alam, dan sejarah, dll, serta pemberian penghargaan bagi perusahaan swasta dalam pemberdayaan masyarakat melalui forum Corporate Forum for Community Development (CFCD). Dalam kegiatan ini dipamerkan berbagai informasi dan hasil aktivitas pemerintah pusat, pemerintah daerah, dan dunia usaha serta kelompok dan organisasi masyarakat lain yang telah berperan aktif secara bersama-sama di dalam mendukung pemberdayaan masyarakat, pembangunan desa, pembangunan manusia dan pembangunan budaya.

Rancangan Penyelenggaraan Pameran Nasional GELAR PEMBERDAYAAN MASYARAKAT BERBASIS BUDAYA (GPMB) EXPO & AWARD 2015 dirancang dengan konsepsi perluasan informasi pelaksanaan kegiatan pemberdayaan, sekaligus berfungsi sebagai sarana sosialisasi program CSR, PKBL BUMN maupun karya innovasi anak bangsa, mendukung pelaksanaan gerakan desa dalam pembangunan manusia dan budaya bangsa untuk terbentuknya masyarakat yang berdaya dan berkarakter. Pameran akan diikuti oleh: berbagai instansi Kementerian dan Lembaga, Pemerintah Provinsi, Pemerintah Kabupaten/Kota, BUMN/ Swasta Nasional, Kelompok masyarakat kreatifitas dan inovatif, Perbankan / Lembaga Keuangan Non Bank/Koperasi, Lembaga Donor, Dharma Wanita / Pengurus PKK, Usahawati & Organisasi Profesi Pemberdayaan Perempuan, Konsultan Pengembangan Daerah Pedesaan / Kota, Lembaga, Asosiasi Profesi, Konsultan Pedidikan, Lembaga Pelayanan, berbagai asosiasi profesi, UMKM & Pengembangan Pasar, Media elektronik, cetak dan Teknologi Informasi.

Berbagai kegiatan akan diselenggarakan sebagai bagian dalam GPMB 2015, yaitu diantaranya: Seremoni dan pentas seni pada pembukaan, pameran, mini seminar, talkshow, donor darah, festival jamu gendong dan festival kuliner nusantara, cerdas ceria dan lomba menyanyikan lagu berbasis budaya, alam, dan sejarah, dll, serta pemberian penghargaan bagi perusahaan swasta dalam pemberdayaan masyarakat melalui forum Corporate Forum for Community Development (CFCD), pemilihan booth terbaik, penutupan pameran.