IFEX 2014, Mendorong Masyarakat Menjaga Kebugaran

JAKARTA, 19 Mei 2014 – Padatnya aktivitas bagi seorang dalam bekerja, terkadang membuatnya malas untuk sekadar meluangkan waktu berolah raga. Bahkan, sebagian masyarakat berasumsi, jika olah raga yang ideal adalah berlatih secara rutin di tempat kebugaran atau gym. Hal tersebut tidak sepenuhnya benar. Anda sebetulnya bisa membuat satu pola latihan sederhana dengan memanfaatkan setiap ruang yang ada di rumah atau bahkan di kantor. Jika dirasa masih kurang, maka tempat kebugaran atau gym bisa mengobatinya.

Penelitian American College of Sports Medicine (ACSM) menyebutkan, bahwa seseorang dikatakan hidup aktif, bila waktu yang dihabiskan untuk berolahraga intensitas sedang mencapai 150 menit dalam seminggu. Namun sebagai langkah awal cukup dengan meluangkan waktu sebanyak 20 menit selama 3 kali seminggu untuk berolahraga di rumah. Kemudian tingkatkan waktu ini perlahan-lahan hingga mencapai 5 kali seminggu dengan durasi minimal 30 menit setiap sesi olahraga.

Demikian juga dengan menjalankan Diet, banyak orang salah kaprah. Diet diartikan dengan ‘tidak makan’ hingga akhirnya banyak diantara mereka yang justru jatuh sakit. Diet adalah pengaturan pola makan yang baik dengan asupan nutrisi yang cukup. Pola makan ini diatus sesuai dengan ‘goal’ kita, untuk menurunkan berat badan, atau justru untuk menaikkan berat badan. Sekali lagi, banyak diantara masyarakat yang masih sangat kurang mendapatkan informasi dan edukasi mengenai masalah fitness, olahraga dan kesehatan.

Melihat kondisi tersebut, Indonesia Fitness & Health Expo 2014 (IFEX 2014) akan digelar di Balai Kartini Jakarta,  pada tanggal 30 Mei hingga 1 Juni 2014. Event yang baru pertama kali digelar di Indonesia tersebut, akan menjadi tempat berkumpulnya para inovator dalam dunia fitness dengan skala International, para praktisi dan pencinta olahraga dan kesehatan, pengusaha klub – klub kebugaran, pemilik indistri yang berhubungan dengan olahraga dan kesehatan.

 

CEO Elite Group yang membawahi ELITE Event Management, promotor penyelenggara event IFEX 2014, Dina Carol berharap, event tersebut akan mengedukasi masyarakat untuk mengerti tentang bagaiamana menjaga kebugaran tubuh melalui olahraga yang dilakukan baik di tempat-tempat kebugaran maupun di rumah. Sehingga mereka juga bisa menjadi motivasi dan inspirasi bagi lingkungan sekitarnya untuk menyebarkan virus cinta olahraga. Tak hanya itu, perkembangan gaya hidup inipun juga dapat menumbuhkan industri – industri lain yang berhubungan dengan fitness dan kesehatan.

Dina juga memprediksikan, dari segi bisnis, dalam 5 tahun ke depan, potensi pasar dunia kebugaran, dan kesehatan di Indonesia sangat luar biasa. Dengan pesatnya pertumbuhan kelas ekonomi menengah dan jumlah penduduk Indonesia yang sangat besar, potensi pasar potensial semakin terbuka lebar.

Sementara itu, salah seorang pengusaha konsultan kebugaran, Kadek Edy Sastradi yang juga menjadi penggagas acara IFEX 2014 ini menjelaskan, pihaknya akan menyuguhkan berbagai alat-alat olahraga dengan inovasi terbaru bagi masyarakat Indonesia yang super sibuk. Alat-alat olahraga ‘free style’ (alat yang mudah dibawa – bawa) mulai dari untuk melatih dan membentuk otot dada, paha, punggung, perut, berbagai jenis suplemen, produk makanan dan minuman sehat , koleksi  busana dan aksesori olahraga terbaru akan disajikan lengkap.

“Olahraga bisa dilakukan dimanapun, di rumah, kantor ataupun tempat kebugaran. Yang terpenting adalah mengusir kemalasan berolahraga,” katanya.

Menurutnya, olahraga juga bukan melulu dikaitkan dengan angkat beban, tapi juga latihan – latihan keselarasan tubuh, pikiran dan pernapasan seperti yang dilakukan pada olahraga Yoga, Pilates dan lain – lain juga sangat berguna. Klub – klub olahraga tersebut pun ikut berpartisipasi di IFEX 2014 dengan memberikan penawaran – penawaran menarik untuk anggota baru, tak hanya itu, lembaga – lembaga rehabilitasi dan kecantikan pun akan hadir meramaikan IFEX 2014.

 

“Olahraga merupakan hal sangat penting untuk menjaga kesehatan, namun banyak sekali mitos dan persepsi yang salah tentang olahraga dan cara – cara menjaga kesehatan, IFEX 2014 akan menjawab semua keraguan tersebut,” tegas Kadek Edy Sastradi, dalam jumpa pers di Jakarta, Senin (19/5/2014).

Selain pameran yang akan berlangsung dengan luas area sekitar 3,600 m2, IFEX 2014 juga akan menggelar MASS WORKOUT,  pemecahan rekor untuk Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai kegiatan olahraga bersama menggunakan alat dan peserta terbanyak, pemilihan Indonesia Fitness Ambassador (IFA) dan workshop oleh master trainer dunia di bidang kebugaran dan kesehatan, Lomba lari 5K dan 10K pada tanggal 1 Juni, Lesmills, Martial Arts, Zumba, Candid Photography Contest untuk pecinta fotografi dan juga akan ada banyak kejutan dari para praktisi fitness yaitu sajian hiburan yang dikemas ala fitness. Akan ada pula pertunjukan Parkour, olahraga halang rintang yang sangat menarik dan menantang. Untuk kaum Ibu ataupun keluarga, akan ada banyak acara tentang bagaimana mengajarkan anak agar cinta olahraga, beladiri anak dan lain – lain yang berhubungan dengan kesehatan wanita, anak dan keluarga.

IFEX 2014 sengaja diadakan ditengah – tengah hari libur nasional, agar dapat dijadikan pilihan untuk keluarga ataupun mereka yang ingin menikmati libir panjang dengan sesuatu yang lain dari biasanya, lebih bermanfaat daripada harus bermacet – macet keluar kota.

 

Untuk informasi lebih lanjut dan Registrasi silahkan kunjungi website : www.ifex2014.com

*******

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi :

Nico F. Pattinasarany

General Manager

ELITE Event Management

Hp : +62 82 136 888 537

Email : nico@elite-eventmanagement.com