Magha Puja 2557 B.E./2014

Magha Puja adalah salah satu dari empat hari besar bagi umat Buddha. Sama halnya dengan hari besar lainnya seperti Tri Suci Waisak, Kathina dan Asadha. Magha Puja merupakan peristiwa penting dan bersejarah bagi Agama Buddha yang terjadi di bulan Magha. Maka dari itu, Magha Puja masih diperingati setiap tahunnya untuk selalu mengenang dan merenungkan peristiwa agung yang terjadi pada bulan Magha.

Pada saat zaman Buddha Gautama, terjadi pertemuan agung yang didukung oleh 4 (empat) faktor peristiwa yang istimewa yang menjadi dasar peringatan hari Magha Puja. Empat faktor peristiwa tersebut adalah :

  1. Berkumpulnya para Bhikkhu yang berjumlah 1.250 orang tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
  2. Mereka semuanya telah mencapai tingkat kesucian dan memiliki kemampuan abhinna.
  3. Mereka ditabiskan dengan ucapan Ehi Bhikkhu.
  4. Sang Buddha membabarkan Ovadapatimokkha kepada mereka.

Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana BINUS University akan mengadakan perayaan Magha Puja tersebut yang akan bermanfaat bagi kelestarian dan perkembangan Buddha Dhamma sesuai dengan makna agung yang terkandung dalam hari raya Magha Puja. Hal ini bertujuan agar makna dari perayaan Magha Puja yang sakral ini tidak hilang seiring dengan berkembangnya zaman.

Magha Puja 2557 B.E./2014 dengan tema “The Beauty of Dhamma Leads Our Way” akan diadakan oleh Keluarga Mahasiswa Buddhis Dhammavaddhana pada hari Minggu, 2 Maret 2014, pukul 10.00-17.00 WIB di Kampus Anggrek, BINUS University. Rangkaian acara Magha Puja 2557 B.E./2014 terdiri dari :

Puja Pelita, Dana Makan Siang kepada anggota Sangha, Dhamma Talk yang akan dibawakan oleh Y.M. Bhikkhu Suratano dan Romo Andri Budianto dengan Handani Widjaya sebagai Moderator serta Kesenian yang terdiri dari Drama Musikal KMBD, Tarian Qing Hua Ci BNMC, dan Penampilan oleh EBRC.