People Innovation Excellence

Sekolah Negeri di Victoria Sediakan Pembalut Wanita Gratis

Semua sekolah negeri di negara bagian Victoria (Australia) akan menyediakan tampon dan pembalut wanita gratis mulai tahun 2020 sebagai bagian dari program pemerintah setempat.

Menteri Utama Victoria Dan Andrews meluncurkan program tersebut hari Rabu (11/9/2019) di kampus sekolah menengah University High School di pusat kota Melbourne.

Program ini memang sudah dijanjikan sebelumnya dalam kampanye pemilu tahun lalu yang dimenangkan lagi oleh Partai Buruh pimpinan Dan Andrews.

Secara keseluruhan penyediaaan tampon dan pembalut wanita gratis ini akan menghabiskan biaya sekitar $AUD 20 juta (sekitar Rp 200 miliar).

Diperkirakan di pertengahan tahun 2020, seluruh sekolah dasar, sekolah menengah, dan sekolah khusus di seluruh Victoria sudah akan menyediakan tampon dan pembalut wanita tersebut dengan cuma-cuma.

Pembalut wanita ini akan disediakan di toilet sekolah, sehingga memungkinkan murid-murid yang memerlukan untuk menggunakannya, tanpa perlu merasa malu atau meminta bantuan orang lain.

Sebenarnya di banyak sekolah di Australia, pembalut wanita ini tersedia juga secara cuma-cuma namun biasanya disimpan di ruang perawat yang ditugaskan di sekolah sehingga murid harus terlebih dahulu untuk meminta.

Seorang murid yang tidak mau disebut namanya di University High School menyambut baik program tersebut.

"Kita tidak mau menstruasi ini menyebabkan kita tidak bisa melakukan kegiatan lainnya, seperti kegiatan olahraga atau kegiatan sekolah lainnya."

Pendanaan ini akan dianggarkan selama empat tahun dan termasuk juga penyediaan tong sampah untuk menampung pembalut yang sudah digunakan.

"Banyak murid sekolah perempuan yang tidak bisa mendapatkan pembalut wanita dengan mudah." kata Menteri Utama Dan Andrews.

Ketersediaan pembalut wanita gratis di sekolah di Victoria ini merupakan yang pertama di Australia.

Di bagian lain di dunuia baru beberapa negara saja yang sudah melakukan hal serupa yaitu di Inggris, Skotlandia, Wales, Vancouver, Toronto (Kanada), dan New Yoerk, Illinois dan California di Amerika Serikat.

Simak berita-berita lainnya dari ABC Indonesia


Published at :

Social Media

Tweets By @

Periksa Browser Anda

Check Your Browser

Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

We're Moving Forward.

This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

  1. Google Chrome
  2. Mozilla Firefox
  3. Opera
  4. Internet Explorer 9
Close