M. Syarifuddin Terpilih Sebagai Ketua MA Periode 2020-2025

 

Mahkamah Agung
Sumber Foto: https://www.mahkamahagung.go.id/

 

 

 

Mahkamah Agung mempunyai ketua yang baru.,yaitu M. Syarifuddin, yang menggantikan Ketua MA yang lama, Hatta Ali.

Sebelum terpilih sebagai ketua MA periode 2020-2025, Syarifuddin menjabat sebagai Wakil Ketua Mahkamah Agung (MA) bidang Yudisial.

“Berdasarkan berita acara hasil perhitungan suara, ternyata yang mulia doktor haji Muhammad Syarifuddin telah mendapatkan suara sejumlah 32 suara,” kata Ketua MA, Hatta Ali memimpin sidang paripurna khusus pemilihan Ketua MA, di Gedung MA, Jakarta, Senin (6/4).

Suara Syarifuddin lebih banyak daripada calon ketua MA yang lain, Andi Samsan Nganro yang memperoleh 14 suara.

Proses pemilihan Ketua MA harus dilakukan dua kali putaran. Hal ini karena pada putaran pertama tidak ada calon yang mendapatkan suara 50 persen ditambah satu dari suara sah.

Pada putaran pertama, terdapat enam hakim agung yang mendapatkan suara sah. Keenam hakim agung itu yakni, Muhammad Syarifuddin dengan perolehan 22 suara, Andi Samsan Nganro sebanyak 14 suara, Sunarto sebanyak lima suara, Amran Suadi sebanyak satu suara, Supandi sebanyak satu suara, dan Suhadi sebanyak satu suara.

Dalam putaran kedua, para pemilih hak suara memilih dua calon dengan perolehan suara tertinggi di putaran pertama. Kedua calon tersebut, yakni Muhammad Syarifuddin dan Andi Samsan Nganro.

MA pada Senin (6/4) menggelar Sidang Paripurna Khusus dengan agenda Pemilihan Ketua MA periode 2020-2025. Sidang paripurna dilakukan untuk menghindari kekosongan pucuk pimpinan ketua MA Hatta Ali, yang akan habis masa jabatannya pada 1 Mei 2020.

Editor: Mus2020