Kominfo jaring 242 hoaks tentang virus corona

 

 

 

Kementerian Komunikasi dan Informatika, hingga Selasa (17/03/2020) menemukan 242 konten hoaks dan disinformasi yang berkaitan dengan Virus Corona (Covid-19).

Seluruh konten itu tersebar di platform media sosial maupun website dan platform pesan instan. 

Menteri Kominfo Johnny G. Plate menyatakan akan terus melakukan identifikasi dan menangkal setiap informasi yang tidak benar atau hoaks yang beredar di dalam negeri. “Dari hasil tersebut ditindak lanjuti dengan memberikan informasi yang benar sesuai dengan fakta di lapangan,” jelasnya dalam Konferensi Pers Dukungan Sektor Kominfo untuk Penanganan Covid-19 di Ruang Serbaguna Kementerian Kominfo, Senin (16/03/2020) sore.

Menurut Menteri Johnny, Kementerian Kominfo akan selalu melakukan konfirmasi kebenaran isu menjadi perhatian masyarakat di medsos. “Tujuannya, melindungi segenap bangsa dan masyarakat dari dampak negatif informasi yang tidak benar terkait dengan Covid-19. Ini bahaya, apabilamasyarakat mengkuti informasi yang tidak benar itu,” tandasnya.

Terhadap konten hoaks yang menimbulkan keresahan pada publik,  Kementerian Kominfo akan menindaklanjutinya ke penegak hukum yakni Kepolisian.

 

https://kominfo.go.id/content/detail/25139/siaran-pers-no-42hmkominfo032020-tentang-kawal-informasi-covid-19-kominfo-identifikasi-242-konten-hoaks/0/siaran_pers

 

Editor: Muslikhin