Jogja-NETPAC Asian Film Festival

Smart Viewes, Festival film tahunan Jogja-NETPAC Asian Film Festival atau yang disingkat JAFF, akan kembali merayakan perkembangan sinema Asia di Daerah Istimewa Yogyakarta, loh! Ini merupakan usia ke-14 JAFF. Acaranya sendiri akan berlangsung mulai tanggal 19 hingga 23 November 2019 mendatang.

Adapun tema yang diangkat pada tahun ini ialah “Revival” – yang menempatkan festival film sebagai bentuk panggilan untuk merefleksikan lebih dalam dan mengangkat kembali kekayaan sejarah dan peradaban Asia. Meskipun kolonialisme merupakan pengalaman yang telah merendahkan martabat bangsa Asia, hal tersebut memberikan dasar bagi bangsa Asia membangun masa depan melampaui peradaban Barat.

Di tahun ini, JAFF akan dilaksanakan di satu kawasan, yang berpusat di Empire XXI Yogyakarta. Sebanyak 107 film akan ditayangkan di JAFF yang terbagi menjadi program kompetisi dan non-kompetisi. Pemilihan film di setiap program JAFF tahun ini juga dilakukan dengan melihat banyak pertimbangan. Tidak hanya teknis maupun penceritaan yang baik semata, melainkan juga dari perspektif bagaimana film tersebut dapat membawa sikap dan argumen yang jelas dari sebuah peristiwa yang terjadi dari sudut pandang pembuatnya.

Selain program pemutaran film, JAFF pada usianya ke-14 akan menyuguhkan beberapa program edukasi yang terdiri dari Art for Children, Public Lecture, dan Forum Komunitas. JAFF Education merupakan program lokakarya film untuk para pemula juga yang tiadk akan ketinggalan memeriahkan JAFF tahun ini. Program ini menghadirkan salah satu rigging gaffer profesional asal New Zealand, Sean O’Neill. Adapun Sean O’Neill sendiri terlibat dalam departemen sinematografi beberapa film Hollywood seperti The Great Wall (2016), Alien: Covenant (2017), dan Mulan (akan tayang 2020).