People Innovation Excellence

IT’S … SHOWTIME! – INDONESIA DANCE COMPANY SEASON III

“IT’S SHOWTIME!

Indonesia Dance Company Season III

Gedung Kesenian Jakarta, 29 & 30 September 2018

Jl. Gedung Kesenian No.1, Pasar. Baru, Sawah Besar, Jakarta Pusat

Balet dikenal sebagai tarian yang selalu memikat siapa pun yang menontonnya. Banyak orang melihatnya sebagai tarian penuh dengan keindahan, mulai dari para penari, kostum, musik, alur cerita, sampai tatanan panggung. Akan tetapi penari dianggap profesi yang tidak memiliki masa depan yang menjanjikan.

Oleh karena itu pada Oktober 2016, Claresta Alim, salah satu generasi ketiga dari tokoh balet Indonesia Marlupi Sijangga (Pendiri Marlupi Sijangga Dance Academy) mendirikan Indonesia Dance Company (IDCO) sebuah wadah bagi para penari untuk meningkatan kualitas dan popularitas dunia tari di Indonesia, serta membawanya ke dalam masa kejayaan dengan skala nasional dan internasional. Claresta Alim, adalah putri dari Fifi Sijangga (puteri dari Marlupi Sijangga) yang menjadi Executive Director dari IDCO.

Dalam usianya yang masih sangat belia, IDCO telah mengantarkan para penarinya meraih penghargaan baik di dalam maupun di luar negeri. Diantaranya:

  • Youth American Grand Prix, 2018 – 1st
  • Youth American Grand Prix, 2017 – 1st Indonesian Finalists & 1st  Indonesian Hope Award.
  • Asian Grand Prix, 2017 – 1st Gold Indonesian Medalist.
  • World Ballet Competition, 2017 – 1st Indonesian Finalist.
  • Phyllis Bedells Bursary, 2017 – 3rd Indonesian Participant.
  • Malaysia Int’l Ballet Grand Prix, 2016 – 1st Indonesian Champions.
  • Taiwan Grand Prix, 2016 – 1st Indonesian Finalists.
  • Asian Grand Prix, 2015 – 1st Indonesian Finalists.
  • 1st NadWorc (National Dance Workshop Competition), 2016 – 1st
  • 1st CSTD Ballet Competition, 2016 – 1st
  • 1st Indonesian Grand Prix, 2016 – 1st

Sebagai komitmen terhadap visi dan misinya, IDCO fokus untuk mempersembahkan karya – karya terbaik anak bangsa dengan standar internasional. Salah satunya dengan mengadakan annual performance. Tahun ini  menjadi kali ke-3 IDCO menyelenggarakan sebuah pertunjukan. Dan 3rd Season ini rencana akan diadakan pada 29 & 30 September 2018 mendatang, di Gedung Kesenian Jakarta bertajuk “IT’S SHOWTIME!

Digagas oleh Claresta Alim sebagai IDCO Artistic Director, Leonny Ariesa sebagai IDCO Managing Director dan Jonatha Pranadjadja sebagai IDCO Ballet Mistress, pertunjukkan ini akan ditampilkan sangat menarik dengan konsep warna.

IT’S … SHOWTIME!” akan dipentaskan 2 kali pada Sabtu, 29 September 2018 pukul 19.30 WIB dan Minggu, 30 september 2018 pukul 17.00 WIB. Pertunjukan ini melibatkan 25 penari serta dikemas dalam dalam 2 babak, yaitu babak pertama, Balet dan babak kedua berbagai genre tarian.

ACT 1     

Ballet Variations populer :

  • Giselle (Pas De Deux)
  • Harlequinade (Pas De Deux)
  • Swan Lake (The Four Little Swan)
  • Nutcracker (Arabian)
  • Le Corsaire (Pas De Trois, Odalisque)

 

ACT 2

Tarian-tarian orisinal dan berunsurkan “warna” dalam bentuk :

  • Contemporary
  • Jazz
  • Traditional dance
  • Hip Hiop

“Tema yang Kami angkat berlatarbelakang Indonesia yang memiliki berbagai macam warna budaya yang menjadikan Indonesia Indah dan Kaya. Akan tetapi saat ini banyak orang yang tidak menghargai perbedaan, sehingga tidak melihat keindahan dari perbedaan yang ada. Oleh karena itu, melalui pertunjukan ini kami ingin masyarakat Indonesia bisa melihat perbedaan tersebut yang akan Kami kemas dengan sangat indah. Lanjutnya” Ujar Claresta

Menurutnya, “It’s … Showtime!” akan menjadi ajang bagi para penari untuk menunjukan yang terbaik dari dirinya. “Karna tidak ada pressure sama sekali dari Kami. Tujuan kami hanya ingin generasi muda bangkit dari keterpurukan dan mulai menunjukkan gigi mereka dengan prestasi di tengah perbedaan yang ada”

“Tidak seperti pertunjukan-pertunjukan sebelumnya yang memakai alur cerita, “It’s … Showtime!” menggunakan konsep warna. Seperti dalam hidup, warna-warna setiap orang akan menciptakan harmonisasi yg indah. Dan semoga pertunjukan ini menjadi sebuah harmonisasi yang Indah” ucap Claresta.

“Dalam pertunjukan ini semua orang menjadi peran utama. Karena kami percaya semua orang merupakan peran utama di dalam hidupnya. Dan semua punya andil untuk bangkit dan memberikan yg terbaik. Dan itu lah pesan yang ingin kami sampaikan ke penonton yang menyaksikan pertunjukan “It’s … Showtime!” lanjutnya.

Semoga pertunjukan ini membuka mata masyarakat Indonesia akan indahnya perbedaan.


Published at :
Leave Your Footprint

    Social Media

    Tweets By @BinusTV

    Periksa Browser Anda

    Check Your Browser

    Situs ini tidak lagi mendukung penggunaan browser dengan teknologi tertinggal.

    Apabila Anda melihat pesan ini, berarti Anda masih menggunakan browser Internet Explorer seri 8 / 7 / 6 / ...

    Sebagai informasi, browser yang anda gunakan ini tidaklah aman dan tidak dapat menampilkan teknologi CSS terakhir yang dapat membuat sebuah situs tampil lebih baik. Bahkan Microsoft sebagai pembuatnya, telah merekomendasikan agar menggunakan browser yang lebih modern.

    Untuk tampilan yang lebih baik, gunakan salah satu browser berikut. Download dan Install, seluruhnya gratis untuk digunakan.

    We're Moving Forward.

    This Site Is No Longer Supporting Out-of Date Browser.

    If you are viewing this message, it means that you are currently using Internet Explorer 8 / 7 / 6 / below to access this site. FYI, it is unsafe and unable to render the latest CSS improvements. Even Microsoft, its creator, wants you to install more modern browser.

    Best viewed with one of these browser instead. It is totally free.

    1. Google Chrome
    2. Mozilla Firefox
    3. Opera
    4. Internet Explorer 9
    Close