DHAMMA TALK 2016 – KMBVD

Saat ini, dunia telah mengalami banyak sekali perubahan. Hal ini dikarenakan adanya proses perubahan menuju ke arah yang lebih modern yang disebut dengan modernisasi. Modernisasi secara tidak langsung meningkatkan kualitas hidup manusia dan hal ini tidak dapat dihindarkan. Modernisasi ini dapat berdampak positif dan dapat pula berdampak negative. Dampak positif dapat dirasakan secara langsung oleh manusia, seperti melaksanakan pekerjaan dengan lebih mudah dan cepat. Akan tetapi, pada sebagian orang, gaya hidup mudah dan cepat ini menjadi suat alasan untuk bermalas-malasan.
Maka dari itu, untuk menghadapi perubahan ini, pengendalian diri merupakan hal yang penting. Pengendalian diri dapat membuat kita sadar untuk mengembangkan hal-hal positif dan menghindarkan kita dari hal-hal negatif.
Tantangan bagi umat Buddha saat ini ialah perubahan zaman antara masa 2600 tahun SM dengan masa sekarang yang informasi dan teknologinya sudah semakin maju dan modern.
Salah satu contoh dampak negative modernisasi pernah terjadi di salah satu negara dengan mayoritas agama Buddha, dimana terdapat bikkhu yang menjalani hidup mewah dengan menaiki pesawat jet, mengenakan kaca mata hitam mahal, earphone, dan lain sebagainya. Sedangkan, tokoh seorang bikkhu merupakan panutan bagi para umatnya. Hal ini akan mengakibatkan pandangan yan tidak benar terhadap agama Buddha, dan apabilahal ini terus berlanjut, agama Buddha lambat laun akan lenyap, karena pada awal Buddha mengajarkan kita untuk tidak memuaskan nafsu indrawi.
Lalu, Bagaimana sebaiknya kita menyikapi hal ini? Apa yang harus dilakukan? Masihkah Buddhisme Eksis? Maka dari itu, penulis ingin turut mengundang para pembaca untuk mendapatkan jawabannya dengan menghadiri acara dhammatalk mengenai Buddhisme: masihkah eksis di dunia modern?