UJIAN NASIONAL SMA SEDERAJAT SERENTAK DILANGSUNGKAN HARI INI

Ujian nasional atau biasa yang disingkat UN, adalah sistem evaluasi standar pendidikan secara nasional dan persamaan mutu tingkat pendidikan daerah yang di lakukan oleh pusat penilaian pendidikan, oleh departermen pendidikan nasional di indonesia.
Ujian nasioanl telah diberlakukan di indonesia sejak tahun 2005, setelah sebelumnya diselenggarakan dalam bentuk yang berbeda yaitu ujian negara yang berlaku sejak tahun 1965 samapai dengan 1971, ujian sekolah yang berlaku pada tahun 1972 hingga 1979 evaluasi belajar tahap nasional pada tahun 1980 hingga 2002, dan ujian akhir nasional yang berlaku secara singkat yaitu 2003 hingga 2004.
Hari ini merupakan kali ke 10 dimulainya rangkaian ujian nasional dan seperti biasa mata pelajaran yan di ujikan pertama kali adalah bahasa indonesia. Terdapat 6 mata pelajaran yang diujikan, tergantung penjurusan masing masing siswa. Secara umum siswa dengan jurusan ilmu pengetahuan alam atau ipa, akan mendapatkan ujian bahasa indonesia, matematika, kimia, fisika, biologi. Sedangkan untuk siswa dengan jurusan ilmu pengetahuan sosial atau IPS, akan mendapatkan ujian bahasa indonesia,

matematika, geografi, ekonomi, dan sosiologi. Dan untuk sekolah sederajat lainnya matapelajaran yang diujiakan disesuaikan dengan jurusannya masing masing.