Jakarta International Film Festival 2014: Bringing Film & Culinary Experience to Town

Jakarta International Film Festival 2014: Bringing Film & Culinary Experience to Town

 

Festival film internasional yang sangat dirindukan oleh penggemar film di Jakarta akhirnya akan kembali diadakan pada bulan November 2014. Bersama dengan Muvila.com, JiFFest 2014 turut didukung oleh Lipton dan Motion Picture Association (MPA). JiFFest 2014 mengangkat tema“Culinary Cinema”, digelar dalam beberapa bagian. Berikut ini adalah highlights acara yang diadakan JiFFest tahun ini:

 

  1. 1.       Road to JiFFest (September-Oktober 2014)

Diadakan di 10 kampus, JiFFest bersama PlotPoint serta didukung oleh Lipton mengadakan pemutaran film-film pendek dan diskusi bersama para narasumber tentang Story Telling. Selain praktisi yang juga penulis dari Plot Point seperti Salman Aristo, Gina S.Noer dan Arif Ashiddiq, roadshow ini juga dihadiri pembicara praktisi seperti Maya Barrack, Sheila Timothy, Vino G.Bastian, Dennis Adishwara, Kimo Stamboel, dll.

 

  1. Indonesia Filmmakers Gathering, 14 November 2014 – 16.00 WIB
    Event tahunan untuk seluruh stakeholder industri film Indonesia @ Mango Tree (epicentrum)

 

  1. Pop-Up Cinema (14-16 November, 2014 – GALERI INDONESIA KAYA)

Pemutaran film-film pendek Indonesia dilanjutkan dengan diskusi dan Tanya jawab.

 

  1. World Cinema (21 – 23 November 2014 – Cinema XXI & Blitz Megaplex)

Pemutaran film-film dari seluruh dunia yang sudah dikurasi oleh tim program JiFFest 2014

 

Untuk informasi lengkap perihal festival ini terdapat di Lembar Fakta. Untuk update terbaru secara tentang JiFFest 2014 dapat langsung kunjungi website atau sosial media kami:

Website: www.muvila.com/jiffest

Facebook: Jakarta International Film Festival (JiFFest) / Twitter: @jiffest

 

Dukungan dari rekan-rekan media kepada JiFFest 2014 adalah harapan besar kami dan Festival ini akan dapat terselenggara dengan baik tidak lepas dari partisipasi rekan-rekan sekalian.

 

Media Center PIC:

citra@kapanlagi.net / bayuadisapoetra@kapanlagi.net

 

Terima kasih,

 

 

Shanty Harmayn & Aoura Lovenson Chandra

Festival Directors

 

 

LEMBAR FAKTA

Jakarta International Film Festival 2014

 

JiFFest

JiFFest (Jakarta International Film Festival) adalah salah satu film festival besar berkala internasional yang biasanya diadakan di bulan Desember setiap tahunnya. Setelah tahun lalu sukses, akhirnya JiFFest akan diadakan kembali pada bulan November 2014 ini.

 

JiFFest didirikan oleh Shanty Harmayn dan Natacha Devillers pada tahun 1999. Di tahun ini juga JiFFest pertama kali diadakan selama delapan hari dari tanggal 20 sampai dengan 28 November 1999. JiFFest memutarkan sekitar 65 film dari 25 negara dan JiFFest pertama berhasil menarik sebanyak 18.000 penonton.

 

Sejak tahun 1999, JiFFest selalu hadir dengan tema – tema yang berbeda setiap tahunnya seperti Indonesian Identity through Film: Past and Present di tahun 2001 atau Spirit of Youth di tahun 2004.

 

Tahun 2013, JiFFest kembali bersama Muvila.com. Kembali diadakan setelah hiatus selama 2 tahun, dengan total lebih dari 8,000 partisipan di beberapa rangkaian acara.

 

Tahun ini, MUVILA.COM, Yayasan Masyarakat Mandiri Film Indonesia, serta didukung sepenuhnya oleh Lipton dan Motion Picture Association, kembali membawa JIFFest ke 14 kalinya mengusung tema Culinary Cinema dan sangat terbuka untuk publik.

 

 

Muvila.com

 

Muvila.com adalah sebuah media online yang membahas Film, TV serta berbagai hal yang bersangkutan dengan industri Entertainment, lokal & internasional.

 

Muvila.com merupakan sebuah kolaborasi antara Octovate Group dan DBM Group, yang sebelumnya telah melahirkan Fimela.com, dan pada maret 2014 lalu DBM Group (Muvila.com, Fimela Network dan Sooperboy.com) meleburkan diri bersama KapanLagi Group (Kapanlagi.com, Merdeka.com, Vemale.com, Otosia.com dan Bola.net) menjadi KLN.

 

Kami memiliki misi untuk aktif membangun industri perfilman dan televisi Indonesia dengan menjadi partner aktif yang juga turun langsung dalam berbagai program pengembangan hingga program lainnya.

 

 

 

 

 

 

 

 

Festival Directors

 

Shanty Harmayn

Nama Shanty Harmayn sudah tidak asing lagi diantara rekan-rekan di industri perfilman Indonesia. Pada tahun 1998, Shanty mendirikan rumah produksi Salto Films. Film-film yang di produksi oleh Salto Films antara lain Pasir Berbisik (2001) dan The Photograph (2007). Film-film ini juga mendapatkan special recognition dari beberapa film festival internasional. Bersama dengan Natacha Devillers, Shanty mendirikan dan menjadi Co-Director JiFFest pada tahun 1999. Shanty terus aktif di JiFFest dan menjadi salah satu Board of Directors.

 

 

Aoura Lovenson Chandra

Aoura memulai karirnya sebagai produser film di tahun 2005. Salah satu film yang dia produseri, Negeri 5 Menara, berhasil menjual lebih dari 800 rb tiket menjadikan film ini salah satu film tersukses di tahun 2012. Selain menjadi produser film dibawah naungan Million Pictures, Aoura juga salah satu pendiri dari majalah Provoke!, majalah kreatif untuk murid-murid SMU. Tahun 2012 akhir, Aoura bersama Octovate Group dan Fimela Network melahirkan sebuah media online baru, yang membahas Film, TV, Selebritis maupun berita entertainment lainnya, Muvila.com.

 


HIGHLIGHT PROGRAM JiFFest 2014

 

 

  1. 1.  Pop Up Cinema

Pemutaran film-film pendek Indonesia ini kembali hadir setelah tahun lalu dipadati ratusan pendukung film Indonesia. Kali ini, Pop Up Cinema hadir dengan rangkain program film-film Indonesia dari beberapa wilayah di Indonesia. Beberapa film pendek yang akan diputar, merupakan film yang juga Berjaya di beberapa festival lokal dan internasional. Acara pemutaran film ini juga diikuti dengan diskusi dengan para pembuat filmnya dan dipandu oleh tim program JiFFest 2014.

Pemutaran Pop Up Cinema ini terbuka untuk umum dan gratis. Tanda masuk akan diberikan satu jam sebelum jam pemutaran dengan system 1st come 1st serve.

Tanggal                     : 15 – 16 November 2014

Tempat                      : Galeri Indonesia Kaya, Grand Indonesia  Lantai 8

Kapasitas                 : 150 orang

Admision                  : Gratis & Terbuka untuk umum

 

Jadwal dan Judul Film:

 

15 November 2014 – 18.00

Seserahan – Sutradara: Jason Iskandar

Maryam – Sutradara: Sidi Saleh

Gula-gula Usia – Sutradara: Ninndi Raras

 

15 November 2014 – 20.00

Indie Bung – Sutradara: Yuleo Rizky

Joshua – Sutradara: Alvin Ardiansyah

Pendekar Kesepian – Sutradara: Yusron Fuadi

 

16 November 2014 –  18.00

Kunang-kunang – Sutradara: Zidny Nafian

Onomastika -– Sutradara: Loeloe Hendra

Penderes dan Pengidep – Sutradara: Achmad Ulfi

 

16 November 2014 – 20.00

Nyalon – Sutradara: Ima Puspita Sari

 

 

  1. 2.  

Motion Picture Association, JiFFest and MUVILA.COM present:

Indonesia FilmMakers Gathering 2014

 

Indonesia Filmmakers Gathering diadakan sebagai wadah bagi para filmmaker Indonesia untuk saling menginspirasi. Lebih jauh lagi, diharapkan acara ini juga berkontribusi dalam perkembangan industri film Indonesia melalui berbagai informasi & pengetahuan, jaringan dan kolaborasi kreatif.

Hari/Tanggal            : Jumat, 14 November 2014
Jam                            : 17.00 PM
Venue                        : Mango Tree Epicentrum Walk & Epicentrum XXI
Acara ini akan dibagi kedalam 3 besar susunan acara, sebagai berikut:

  1. Diskusi dan Presentasi Singkat  dari 6 perwakilan asosiasi film dan juga Badan Perfilman Indonesia yang akan membahas tentang What’s Going to Happen to Indonesia’s Film Industry in 2015″.
  2. Sharing Session: The untold secret from the making of “Pendekar Tongkat Emas Bersama Mira Lesmana, Ifa Isfansyah dan para pemeran film.

 

  1. Special Screening Film JIFFest 2014

 

*)Invitation Only – OPEN FOR MEDIA


 

3. WORLD CINEMA

Bekerjasama dengan CINEMA XXI dan Blitz Megaplex , JiFFest memberikan beragam pilihan film dari seluruh dunia sebagai alternatif tontonan yang sudah dikurasi untuk dinikmati oleh penggemarnya.

World Cinema akan diadakan di dua lokasi, Blitz Megaplex Grand Indonesia dan XXI Cineplex Epicentrum.  Bagi penonton yang ingin menonton film-film di World Cinema dapat langsung datang ke lokasi di hari pemutaran di tiket box. Tiket yang berlaku sesuai HTM di masing-masing lokasi.

 

Jadwal dan Judul Film:

21 November 2014 – Blitz Megaplex Grand Indonesia

Jam Tayang Judul Film
13.30 Final Recipe
16.00 Winter Sleep
20.00 Before I Dissaapear
22.00 The Lunchbox

 

22 November 2014 – Epicentrum XXI

Jam Tayang Judul Film
12.30 Before I Dissaapear
15.00 Final Recipe
17.30 Black Coal Thin Ice
20.00 The Sun, The Moon and The Hurricane

 

23 November 2014 – Epicentrum XXI

Jam Tayang Judul Film
12.00 The Lunch Box
14.30 Winter Sleep
18.30 Fluid Boundaries
20.30 Surprise Screening!

 

 

 

Seluruh informasi tentang film akan di email dan dapat dilihat di www.muvila.com/jiffest

 

 

Silahkan menghubugi kami untuk informasi lebih jauh.

 

Media Center PIC:

citra@kapanlagi.net / bayuadisapoetra@kapanlagi.net