UI Biofest 2014

UNIVERSITAS INDONESIA BIOLOGY FESTIVAL 2014 ( UI Biofest 2014) merupakan acara terbesar Himpunan Mahasiswa Departemen Biologi Universitas Indonesia yang merupakan kelanjutan dari UI BIOFEST 2012 yaitu penggabungan dari acara-acara tahunan sebelumnya. Adapun acara tersebut ialah Biology Exploring Week (Bexpeek), Public Competition, dan Seminar Eksplorasi. Kegiatan ini diharapkan memberikan gambaran kepada masyarakat umum terutama pelajar untuk melakukan tindakan-tindakan nyata dalam pelestarian biodiversitas Indonesia.

TEMA KEGIATAN

“MELESTARIKAN BIODIVERSITAS INDONESIA”

WAKTU DAN TEMPAT KEGIATAN

Rangkaian kegiatan UI BIOFEST 2014 akan diselenggarakan selama tiga pekan, yaitu pada:

Waktu : 1,2 & 8,9 November 2014

Tempat : Lingkungan Kampus Universitas Indonesia, Depok.

 

 

SERANGKAIAN ACARA UI BIOFEST 2014

 

  1. SEMINAR EKSPLORASI INDONESIA : Merupakan presentasi laporan hasil eksplorasi yang telah dilaksanakan oleh Badan Semi Otonom Biologi UI yaitu Organisasi Mahasiswa Pecinta Tumbuhan (OMPT) Canopy, Kelompok Studi Hidupan Liar (KSHL) Comata, dan Special Interest Group in Marine Biology (Sigma-B) UI. Seminar berskala nasional yang mengangkat tema “EKOLOGI TAMAN NASIONAL INDONESIA” ini diadakan pada tanggal 8 November 2014. Menghadirkan pembicara dari  taman nasional Baluran Situbondo Jawa Timur, dan ahli dari Kementrian Kehutanan  dilanjutkan dengan sesi 2 yaitu presentasi 2 pemakalah terpilih yang lolos seleksi dari 10 pemakalah terbaik di Call for Paper Seminar UI BIOFEST 2014

 

  1. 2.      PUBLIC COMPETITION : Merupakan lomba fotografi dan poster terbuka untuk umum yang diadakan terkait tema “Melestarikan Biodiversitas Indonesia”. Foto dan poster terbaik dari 20 peserta akan dipamerkan selama acara UI BIOFEST berlangsung.

 

3.OLIMPIADE BIOLOGI SE-JABODETABEK : Olimpiade merupakan kompetisi dalam bidang biologi se JABODETABEK yang bertujuan meningkatkan kompetensi dan pemahaman siswa dalam bidang biologi. Olimpiade biologi memperebutkan hadiah dengan total sebesar Rp. 10.000.000. Olimpiade meliputi ujian tertulis, tes kemampuan Praktikumoratorium, pengamatan lapangan, serta lomba cerdas cermat.

 

4.AKUSTIK: Merupakan salah satu acara terbaru di UI Bio Fest 2014. Mengingat musik sebagai bahasa universal, akhirnya lomba akustik menjadi salah satu pilihan acara terbaik untuk melengkapi serangkaian acara UI Bio Fest yang berisi tentang dunia Biologi dan lingungan. Lomba akustik ini terbuka untuk umum, artinya siapapun dapat turut serta.

ü  Waktu       : Minggu, 2 November 2014

ü  Tempat      : FMIPA UI

 

Alamat Sekretariat HMD Biologi: Ruang E.101 Gd E Departemen Biologi FMIPA UI, Kampus UI Depok 16424.
FB: UI Biofest 2014
TWITTER: @uibiofest2014
WEBSITE: uibiofest2014.blogspot.com