12th JOURNALIST DAYS 2014

 Badon Otonom Economica, organisasi tertua di Fakultas Ekonomi Ul, memiliki program kerja tahunan bertajuk Journalist Days. Journalist Days merupakan acara jurnalistik terbesar di UI dengan lingkup nasional yang telah sukses rutin diselenggarakan setiap tahun selama 11 tahun. Pada April Tahun 2014, Journalist Days akan hadir untuk ke-12 kalinya dengan mengusung tema “Wajah Pers Indonesia di Balik Pesta Demokrasi 2014”.

 

Jurnalistik dan Pemilihan Umum. Sinergisme dua hal ini selalu mendatangkan pertanyaan yang menarik untuk dibahas. Apalagi ada yang membuat Pemilu 2014 berbedadengan pemilu-pemilu sebelumnya.Bagaimana politik mempengaruhi media? Bagaimana media memberikan pengaruh bagi masyarakat menentukan pilihan politiknya? Journalist Days 2014 akan menjawab berbagai pertanyaan yang timbul dari korelasi antara jurnalistik dan politik tersebut dari perspektif jurnalis, mahasiswa, dan masyarakat dalam rangkaian acaraJournalist Days.

 

Rangkaian acara utama 12th Journalist Days ini akan dilaksanakan selama 5 (lima) hari, yaitu pada tanggal 21-25 April mendatang. Adapun rangkaian acaranya adalah sebagai berikut:

Hari-1: Media Visit

Hari/tanggal   : Senin, 21 April 2014

Waktu              : 07.00 – 17.00 WIB

Tempat            : Kantor Kompas TV dan The Jakarta Post

 

 

 

 

Media visit ini adalah rangkaian acara 12th Journalist Days yang dilaksanakan di kantor media nasional yang terkemuka. Kegiatan ini memungkinkan peserta Media Visit 12th Journalist Days untuk mempelajari secara langsung proses pengolahan berita di kantor media massa, baik media elektronik maupun media cetak. Materi akan diberikan oleh perusahaan yang menjadi tujuan media visit.

Adapun media elektronik yang akan dikunjungi adalah KOMPAS TV dan media cetak yang akan dikunjungi adalah The Jakarta Post.

 

Hari-2: Training

Hari/tanggal   : Selasa, 22 April 2014

Waktu              : 08.30 – 16.00 WIB

Tempat            :  Student Centre Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Kampus Depok

Hari kedua rangkaian acara utama 12th Journalist Days adalah training. Terdapat 2 (dua) kelas training yang akan dibuka, yaitu Training News Anchor dan Training Penulisan Jurnalistik.

Training News Anchor

Trainer            Sesi-1  : Rory Asyari (News Anchor Metro TV)

Trainer Sesi 2  : Senandung Nacita* (News Anchor SCTV)

Dalam training news anchor ini, peserta berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan langsung dari news anchor terkenal di Indonesia. Materi yang akan didapatkan oleh peserta meliputi teknik-teknik dalam news reporting dan news presenting.

Training Penulisan Jurnalistik

Trainer                        : Tim KOMPAS Cetak

Dalam training penulisan jurnalistik ini, peserta berkesempatan untuk mendapatkan pelatihan dari Tim KOMPAS Cetak mengenai teknik-teknik dalam menulis berita yang baik dan sesuai dengan kaidah-kaidah penulisan jurnalistik.


 

 

 

Hari-3: Forum Diskusi Nasional Hari I

Hari/tanggal   : Rabu, 23 April 2014

Waktu              : 07.00 – selesai

Tempat            : Kantor Dewan Pers

Forum Diskusi Nasional adalah forum diskusi yang diselenggarakan oleh 12th Journalist Days Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia. Forum diskusi ini akan diikuti oleh peserta yang telah lulus seleksi paper. Peserta yang terdiri dari 9 (sembilan) tim yang berasal dari Pers Mahasiswa se-Indonesia ini akan berkesempatan untuk melaksanakan diskusi di Kantor Dewan Pers. Peserta akan diberikan case study yang akan didiskusikan bersama panelis-panelis yang telah disediakan oleh Dewan Pers dan Tim FDN 12th Journalist Days.

 

Hari-4: Seminar

Hari/tanggal   : Kamis, 24 April 2014

Waktu              : 08.00 – 16.00 WIB

Tempat            : Auditorium Fakultas Ekonomi Universitas Indonesia Kampus Depok

Dibuka dengan Keynote Speech dari Dahlan Iskan* (Jurnalis Senior), Seminar 12th Journalist Days ini terdiri dari 2 (dua) sesi panas, yaitu:

Sesi-1   : Politik sebagai Komoditas Jurnalistik

Pada seminar sesi-1 ini akan dibahas mengenai peran media dalam melakukan pemberitaan tentang politik. Media dianggap menjadi alat yang efektif dalam menyebarluaskan berbagai ide dan membentuk opini di masyarakat, sehingga saat ini kerap kali kita temukan materi pemberitaan yang terasa membawa kepentingan politik di dalamnya. Terlebih pasca reformasi pers seakan bebas dari kekangan rezim yang otoriter. Oleh karena itu pada sesi ini, seminar akan membahas media massa yang melakukan pemberitaan tentang aktivitas politik. Kemudian juga akan membahas kaitan antara jurnalisme dan politik saat dahulu dan sekarang. Selain itu penting kiranya untuk mendiskusikan bagaimana hubungan jurnalisme dan politik di luar negeri. Adapun pengisi acara di seminar sesi-1, yaitu:

 

 

 

 

Moderator      : Desi Anwar* (Presenter Tea Time with Desi Anwar Metro TV)

Pembicara       : Wimar Witoelar (Political Analyst & Former Presidential Spokesman)

Budiarto Shambazy (Jurnalis Senior KOMPAS)

Budi Setyarso* (Redaktur Eksekutif TEMPO)

Phillips J. Vermonte (CSIS)

Sesi-2   : Jurnalisme Kursi Panas

Pada seminar sesi 2 akan membahas tentang keberpihakan dan netralitas media dalam pesta demokrasi.Saat ini kita ketahui bahwa terdapat beberapa pemilik media yang juga memiliki kepentingan politik. Media yang mereka miliki seakan digunakan menjadi sarana untuk mempromosikan kepentingannya kepada publik. Padahal media menjadi sorotan agar selalu menjaga independensi, netral dan bebas dari intervensi. Maka dari itu, pada sesi ini diskusi akan diarahkan untuk membahas keberpihakan dan netralitas media dalam pemberitaan, kemudian pembahasan isu negativisme yang berkembang, dan perspektif dari narasumber tentang interaksi yang ideal antara politik dan jurnalistik. Adapun pengisi acara di seminar sesi-1, yaitu:

Moderator      : Aiman Witjaksono* (News Anchor KOMPAS TV)

Pembicara       : Karni Ilyas* (Pemimpin Redaksi TVOne)

Suryo Pratomo (Presenter Economic Challenges Metro TV)

Bony Hargens (Pengamat Politik)

Eko Maryadi (Ketua Aliansi Jurnalis Independen)

 

Hari-5: Forum Diskusi Nasional II

Hari/tanggal   : Jumat, 25 April 2014

Waktu              : 08.00 – selesai

Tempat            : Perpustakaan Pusat Universitas Indonesia

 

 

 

Pada tahap ini peserta FDN yang lolos seleksi paper akan melakukan diskusi mengenai subtema yang telah didapat pada Forum Diskusi Nasional hari pertama. Di sini, seluruh juri akan datang ke kampus Universitas Indonesia, Depok, untuk menilai pers mahasiswa yang akan menjadi pemenang lomba yang diselenggarakan oleh Journalist Days.

Pers mahasiswa pertama-tama akan mendiskusikan topik yang telah dibawa oleh juri, berkaitan dengan subtema dan tema besar Journalist Days. Kemudian mereka akan mempresentasikannya serta akan mengadakan sesi tanya jawab dengan seluruh peserta.

 

HTM

Seminar                                               Rp 35.000

Seminar + Training                             Rp 90.000

Seminar + Media Visit                                    Rp 90.000

Seminar + Training + Media Visit       Rp 120.000

*Sudah termasuk sertifikat, goodie bag menarik, snack, dan tentunya pengalaman yang berharga dari pembicara dan trainer yg sangat insightful! 😀

 

MEKANISME PEMBELIAN TIKET

Kamu bisa membeli tiket Journalist Days 2014 dengan tiga pilihan cara:

Kunjungi booth tiket Journalist Days di Lobby Gedung A Fakultas Ekonomi UI mulai Kamis, 10 April 2014 hingga Jumat, 18 April 2014.

  1. Sms ke Rina (0897 6586 668) dengan format sms : (Nama_Asal Universitas/Umum_Pilihan acara)
  2. Atau bisa juga membeli melalui website journalistdays.net dgn klik “buy ticket”. Langkah-Langkah membeli tiket lewat website : 1. Mengisi data diri , 2. Pilih Paket, 3. Melakukan     pembayaran via transfer , 4. Konfirmasi (Cp : Rina 08976586668), 5. Penukaran Tiket

 


 

 

 

HUBUNGI KAMI

@journalistdays

www.journalistdays.net

info@journalistdays.net

Contact Person: Rina (0897 6586 668)